Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Perbedaan Toyota Transmover Bluebird dengan Avanza

Kompas.com - 12/12/2023, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Blue Bird Tbk menambah unit taksi baru pakai Toyota Transmover generasi terakhir yang berbasis Avanza baru. Sekarang sudah pakai penggerak depan, diklaim lebih lega kabinnya dan nyaman.

Lalu sebenarnya, apa saja perbedaan antara Transmover Bluebird dengan Avanza biasa yang ada di jalanan?

Sebenarnya Transmover ini memakai basis Avanza tipe E yang manual. Artinya mesin 1.300cc sama tetap sama, menghasilkan tenaga sekitar 96 TK dan torsi 120 Nm, penggerak depan dan dilengkapi kontrol traksi.

Baca juga: Bluebird Tinggalkan Sedan, Lebih Pilih Pakai Low MPV

Taksi baru Bluebird pakai Toyota TransmoverKOMPAS.com/FATHAN Taksi baru Bluebird pakai Toyota Transmover

Perbedaannya di bagian eksterior tidak terlihat banyak, seluruh lampu sudah LED. Paling cuma ada di bagian pelek yang pakai model kaleng dan dop, serta stiker tulisan Transmover di bagian pintu bagasi.

Bedanya lagi, untuk unit Bluebird tentu sudah ditambah ornamen taksi, seperti di atap ada 'topi' penanda taksi. Begitu juga bodinya yang sudah dilabur cat biru khas Bluebird ditambah kode mobil yang berbeda setiap unit.

Beralih ke bagian kabin, Bluebird melapis lagi bangkunya yang asalnya fabric dengan bahan sejenis kulit. Selain itu, konfigurasinya tetap sama, tujuh penumpang atau tiga baris bangku yang bisa dilipat.

Baca juga: CR-V Club Indonesia Gelar Jambore Nasional dan Munas

Taksi baru Bluebird pakai Toyota TransmoverKOMPAS.com/FATHAN Taksi baru Bluebird pakai Toyota Transmover

Lebih detail, paling ada beberapa permintaan yang disesuaikan dengan Bluebird. Misal headunit pakai punya sendiri, dilengkapi dengan Internet of Things (IoT) dan pakai tape single din buat mendengarkan musik.

Lalu, indikator seatbelt buat penumpang belakang tidak disematkan pada Transmover Bluebird. Berbeda dengan Avanza yang ada keterangan kalau penumpang belakang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Secara keseluruhan, Transmover baru ini kurang lebih sama dengan Avanza tipe E. Jadi bisa dibayangkan kenyamanan Avanza baru pada unit taksi Bluebird ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com