Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korlantas Siapkan 3 Strategi Pengaturan Lalu Lintas Saat Libur Nataru

Kompas.com - 12/12/2023, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang mulai berlangsung pada pekan depan, Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas.

Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan kesiapan pihaknya dalam menghadapi Operasi Lilin 2023 yang terbagi dalam tiga cluster.

“Yang pertama untuk jalur tol mulai Sumatera sampai dengan Probolinggo itu kita antisipasi. Ada beberapa titik yang menjadi perhatian kita,” ujar Aan, dilansir dari NTMC Polri (12/12/2023).

Baca juga: Dituduh Arogan di Jalan, Komunitas Avanza-Xenia Bikin Klarifikasi

“Yang pertama ada rest area ini juga kita atur, traffic flow-nya di sana sehingga tidak menghambat arus lalu lintas yang ada di belakangnya,” kata dia.

Kedua, Kakorlantas mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi jalur arteri dan jalur wisata dalam penerapan rekayasa lalu lintas mulai dari penerapan one way hingga contraflow.

“Ini juga sudah kita antisipasi dan lakukan rapat koordinasi untuk melakukan beberapa rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di jalur wisata. Itu kita akan mengambil langkah-langkah pengalihan arus ataupun one way, contraflow ini sudah kita persiapkan,” ucap Aan.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru Yogyakarta-Tangerang, Tarif Rp 160.000

Ketiga, Kakorlantas menyampaikan, jalur-jalur penyeberangan laut menjadi fokus pihaknya. Menurutnya, ia telah menyiapkan konsep sedemikian rupa guna mengatur agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

“Ini juga jadi konsen kita baik di (Pelabuhan) Merak, Ketapang, Gilimanuk, maupun penyeberangan yang lain,” kata Aan.

“Kita sudah menyiapkan operasi di sana. Sehingga suplai kendaraan ke pelabuhan ini kita atur sehingga tidak terjadi kepadatan di sana, atau terjadi stuck supaya dapat keluar dari dermaga,” ujarnya.

Baca juga: Opsi LMPV Bekas per Desember 2023, Xenia dan Livina mulai Rp 59 Jutaan

Kondisi arus mudik di Pelabuhan Merak mulai ramai sejak Selasa (18/4/2023). DIiperkirakan puncak arus mudik terjadi Rabu (19/4/2023) malam.Dok. ASDP Indonesia Ferry Kondisi arus mudik di Pelabuhan Merak mulai ramai sejak Selasa (18/4/2023). DIiperkirakan puncak arus mudik terjadi Rabu (19/4/2023) malam.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, puncak arus mudik Nataru diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 26-27 Desember 2024.

“Kita ketahui bahwa prediksi puncak arus mudik Natal pada 22-23 tahun 2023 sementara puncak arus balik 26-27,” kata Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan, puncak arus mudik libur tahun baru 2024 diprediksi terjadi pada 29-30 Desember 2023. Sementara arus balik mudik tahun baru 2024 diprediksi 1-2 Januari 2024.

“Kemudian prediksi arus mudik 29-30 sementara arus balik 2024 tanggal 1-2 Januari,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com