BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota

Canggih, Ini Fitur Keamanan dan Keselamatan Teranyar All New Alphard 2023

Kompas.com - 11/12/2023, 20:08 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan sejumlah fitur keamanan dan keselamatan teranyar pada All New Alphard 2023. Sebelumnya, mobil premium luxury MPV ini diluncurkan pada ajang “GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023” yang digelar di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (10/8/2023).

Berbagai fitur teranyar tersebut bisa ditemukan lewat T Intouch, yakni fitur advanced berbasis teknologi telematika yang dapat diakses via aplikasi mToyota. Lewat fitur ini, pengguna dapat terhubung dengan mobilnya ke seluruh layanan Toyota untuk memberikan peace of mind.

T Intouch memiliki enam fitur teranyar yang dapat meningkatkan pengalaman mengemudikan All New Alphard 2023.

Pertama, time fencing. Fitur ini mampu mendeteksi pergerakan mobil pada periode waktu yang telah diatur oleh pelanggan. Selain itu, fitur ini akan memberikan notifikasi terkait potensi penyalahgunaan dan risiko pencurian.

Baca juga: Perkuat Posisi sebagai Luxury Vehicle, All New Alphard Usung Kenyamanan Berkendara dan Hospitality

Jika terdapat ancaman pada kendaraan, time fencing akan memberikan notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota.

Kedua, speed alert. Pengguna dapat mengatur batas kecepatan kendaraan lewat aplikasi mToyota. Fitur ini dapat membantu pengemudi mencegah kendaraan melewati batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Jika pengendara melewati batas kecepatan yang sudah ditentukan, fitur speed alert akan memberikan notifikasi melalui ponsel dan inbox di aplikasi mToyota.

Ketiga, idle alert. Fitur ini dapat memberitahu pengguna ketika mesin idle melebihi durasi yang sudah ditentukan oleh pengguna. Pemberitahuan ini akan muncul melalui notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota. Alhasil, konsumsi bensin pada kendaraan lebih hemat karena tidak ada risiko terbuang percuma.

Keempat, guest driver alert. Fitur ini berguna ketika All New Alphard sedang digunakan oleh orang lain, seperti petugas valet parking. Melalui guest driver alert, pengguna dapat mengatur sejumlah parameter secara detail, seperti radius terjauh kendaraan dari pemiliknya (geofencing).

Baca juga: Wujudkan Carbon Neutral Mobility, Toyota Hadirkan All New Alphard Bermesin Hybrid

Selain itu, guest driver alert juga dapat mengatur kecepatan maksimum kendaraan agar tidak over speed dan maximum idle time guna memastikan mobil tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Kelima, driving report. Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur trip driving update yang dapat menyertakan ringkasan mengenai jarak, durasi waktu, dan kecepatan rata-rata, baik harian maupun bulanan dari riwayat perjalanan yang telah dilakukan. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengevaluasi penggunaan kendaraannya secara berkala.

Terakhir, safe driving reward. Konsumen yang mengaktifkan T Intouch dan mempunyai Toyota Insurance Comprehensive (all risk) berkesempatan mendapatkan additional benefit (reward) jika berkendara dengan baik.

Aplikasi T Intouch.DOK. TAM. Aplikasi T Intouch.

Adapun parameter ini adalah meminimalisasi akselerasi secara tiba-tiba, pengereman mendadak, dan berbelok dengan kecepatan tinggi.

Selain dibekali fitur canggih, T Intouch juga memiliki berbagai layanan premium dari Toyota, yakni E-Care Maintenance, Emergency Road Assistance, Inquiry & Support Center, serta Driving Report.

Perlu diketahui, E-Care Maintenance merupakan pengingat untuk melakukan perawatan kendaraan secara berkala untuk menjaga kendaraan dalam performa terbaik.

Baca juga: Daftar Harga Toyota Alphard Bekas, Mulai Rp 94,5 Jutaan

Selanjutnya, Emergency Road Assistance merupakan tombol SOS pada mToyota yang berfungsi apabila Anda mengalami kecelakaan. Jika tombol diaktifkan, tim Toyota Customer Care akan datang membantu konsumen mengarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA).

Sementara itu, Inquiry and Support Center merupakan layanan bantuan langsung dari Toyota Customer Care ketika mobil konsumen bermasalah dalam perjalanan. Dengan demikian, konsumen bisa melanjutkan perjalanan setelah kendaraan diservis.

Terakhir, Driving Report. Layanan ini memungkinkan pencatatan riwayat perjalanan Anda dalam periode harian dan bulanan.

Fitur keamanan teranyar

All New Alphard 2023 juga dibekali dengan active safety package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

TSS 3.0 terdiri dari berbagai fitur, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure assist (LDA), lane tracing assist (LTA), adaptive high beam (AHB), driver monitoring system (DMS). Berbagai fitur ini akan melindungi pengemudi sekaligus mencegah kecelakaan sedini mungkin.

Sebagai informasi, PCS berfungsi mencegah mobil mengalami tabrakan dari belakang. Selanjutnya, DRCC membantu mobil menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan saat berada di jalan tol.

Selanjutnya, LDA mencegah mobil meninggalkan lajur secara tidak sengaja. Cara kerja LTA adalah dengan membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya.

Sementara itu, AHB menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan melakukan adaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari. DMS merupakan fitur paling baru yang dapat menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.

All New Alphard 2023 pada GIIAS 2023. DOK. TAM. All New Alphard 2023 pada GIIAS 2023.

Selain itu, terdapat juga fitur Side-Vehicle Stability Control (S-VSC). Fitur ini dapat mengatasi terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) dengan mengaplikasikan rem depan-belakang yang berbeda di sisi yang terkena angin.

Perlu diketahui, seluruh fitur anyar yang dihadirkan All Newa Alphard bertujuan memberikan keamanan berkendara. Dengan seluruh fitur tersebut, pengendara ataupun penumpng dapat meningkatkan konektivitas dan kenyamanan saat berkendara.

Hal tersebut sejalan dengan misi TAM untuk membuat All New Alphard 2023 lebih nyaman dikendarai dan ditumpangi ketimbang premium luxury sedan.

President Director PT TAM Hiroyuki Ueda mengatakan bahwa sejak masuk pasar Indonesia pada 2008, Toyota Alphard telah menjadi pemimpin pasar mobil premium luxury MPV di Indonesia.

Premium luxury MPV itu terus mengedepankan continuous improvement berbekal pengalaman melayani pelanggan selama 15 tahun. Hasilnya, Alphard menjadi mobil MPV premium pilihan nomor satu konsumen Indonesia.

All New Alphard 2023, kata Hiroyuki, hadir dengan penampilan yang lebih canggih serta menawarkan hospitality dan kemewahan sejak pelanggan masuk ke dalam mobil.

“Kendaraan itu terintegrasi dengan teknologi elektrifikasi untuk menjamin mobilitas paripurna yang ramah lingkungan serta lebih aman berkat teknologi Toyota Safety Sense dan pembaruan telematika T Intouch,” ujar Hiroyuki dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (11/12/2023).

Untuk diketahui, All New Alphard 2023 terdiri dari empat tipe, yakni basic model, 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV.

All New Alphard 2.5 HV menggunakan hybrid engine berkode A25A-FXS 2.487 cc 4-silinder bertenaga 140 kW pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300–4.500 rpm.

Sementara itu, tipe 2.5 X dan 2.5 G menggunakan gasoline engine berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder bertenaga 134 kW pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm yang juga diteruskan oleh transmisi CVT ke roda depan.

Untuk warna, All New Alphard 2023 tersedia dalam dua pilihan, yakni platinum white pearl dan black. Sementara, untuk interior, hanya tersedia pilihan warna black untuk seluruh tipe.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com