BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota

Perkuat Posisi sebagai Luxury Vehicle, All New Alphard Usung Kenyamanan Berkendara dan Hospitality

Kompas.com - 08/12/2023, 16:07 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Toyota resmi meluncurkan All New Alphard di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus 2023.

Mengusung semangat continuous improvement, Toyota menghadirkan sejumlah inovasi pada produk anyar tersebut guna memberikan kenyamanan berkendara terbaik baik pengguna.

Kehadiran multi-purpose vehicle (MVP) tersebut juga semakin memperkuat posisi Alphard di segmen luxury vehicle yang eksklusif.

Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara berkualitas tinggi setara premium luxury sedan. Bahkan, digadang mampu melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda mengatakan, sejak hadir di Indonesia pada 2008, Alphard telah menjadi pemimpin pasar di kelasnya hingga kini.

“All New Alphard hadir dengan penampilan yang lebih bermartabat dan canggih, memberikan hospitality dan kemewahan sejak pelanggan masuk ke dalam mobil,” ujar Hiroyuki dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: Wujudkan Carbon Neutral Mobility, Toyota Hadirkan All New Alphard Bermesin Hybrid

Sementara itu, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan, salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir di Indonesia adalah desain luar atau eksterior yang terbilang atraktif untuk sebuah big MPV.

Desain kotak yang diusung, kata Henry, tidak membuat Alphard kehilangan karisma. Sebaliknya, desain ini turut mempertegas status sosial pemiliknya.

“Mengusung tema desain eksterior Forceful x IMPACT LUXURY dengan postur yang tangguh dan solid, model ini menciptakan kesan bertenaga seolah-olah mobil melaju ke depan. Hal ini dipertegas dengan bagian depan bergaya reverse slant face berpenampilan agresif,” papar Henry.

Membentang dari depan ke belakang, imbuhnya, sisi samping All New Alphard menampilkan ketidakteraturan dinamis yang membangkitkan kekuatan mobil ini.

Tak hanya eksterior, dimensi premium luxury MPV itu juga turut berubah. All New Alphard memiliki panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm.

Perubahan itu membuat All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya. Dimensi baru ini dibuat untuk meningkatkan kestabilan manuver dan menghadirkan kabin yang lebih lega.

Beralih ke bagian kabin, jarak sandaran seluruh baris bangku Alphard teranyar itu kini 2.205 mm dari sebelumnya 2.195 mm sehingga menambah ruang kaki penumpang. Sementara itu, jarak sandaran bangku pada baris pertama dan kedua mencapai 1.315 mm dari sebelumnya 1.310 mm.

Bangku tengah pun kini dapat digeser sejauh 500 mm untuk memberikan kebebasan penumpang mengatur posisi duduk. Celah antara executive power seat pada bagian kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

Desain berkonsep hospitality

Konsep hospitality pada All New Alphard terlihat pada beberapa aspek, mulai dari saat masuk-keluar kendaraan hingga di perjalanan.

Sebagai contoh, fitur Universal Step yang ada di kedua pintu geser di bagian kanan dan kiri untuk memudahkan akses anak-anak dan orang tua. Fitur ini merupakan wujud komitmen Toyota dalam mengembangkan berbagai fitur yang nyaman dan ramah untuk semua kalangan pengguna.

Tampilan samping Toyota All New Alphard yang menampilkan ketidakteraturan dinamis yang membangkitkan kekuatan mobil ini.Dok. Toyota Tampilan samping Toyota All New Alphard yang menampilkan ketidakteraturan dinamis yang membangkitkan kekuatan mobil ini.

“Saat pintu geser terbuka, sebuah footstep akan keluar dengan jarak sekitar 220 mm di atas tanah dengan posisi lebih rendah dari lantai mobil. Footstep ini berfungsi sebagai pijakan pertama untuk masuk dan keluar penumpang,” papar Henry.

Baca juga: Jadi Saksi Peluncuran All New Alphard di GIIAS 2023, Lebih Canggih dan Ramah Lingkungan

Kemudian, Toyota juga menempatkan Long Assist Grip pada pilar C dan kedua sisi atap. Fitur ini dirancang agar mudah dipegang oleh penumpang dari segala usia untuk memastikan pergerakan penumpang yang effortless.

Pada bangku tengah dan belakang, kata Henry, Toyota berupaya menghadirkan atmosfer kabin yang teduh, tenang, dan memberikan peace of mind. Salah satunya dengan menghadirkan ceiling storage yang dipasang memanjang di tengah dari bangku baris kedua hingga ke belakang.

“Toyota juga menghadirkan rear seat entertainment (RES) 14 inci pada masing-masing bangku dan lighting system yang mengelilingi ceiling storage. Pencahayaan ini dapat diatur sesuai mood penumpang,” imbuhnya.

Uniknya, pada sisi kiri dan kanan ceiling storage terdapat moon roof yang dipasang memanjang ke belakang. Kehadiran fitur ini memberikan kebebasan untuk setiap penumpang yang ingin menikmati pemandangan langit atau menutupnya supaya dapat beristirahat dengan tenang.

Privasi dan kenyamanan penumpang All New Alphard semakin terjaga berkat fitur Power Sunshade yang dipasang dalam frame kaca samping. Fitur ini memungkinkan penumpang untuk mengurangi panas akibat paparan sinar matahari sambil tetap menikmati pemandangan di luar.

Berkat berbagai fitur hospitality itu, MPV premium ini dapat digunakan sebagai super-luxury mobile office atau private room yang nyaman.

Selain itu, berkat perhatian pada detail, bagian jok pun didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Kemudian dilakukan pembenahan, seperti memasang penyangga cushion frame di alas jok, low repulsion foam pad pada sandaran, serta anti-vibration rubber bush agar getaran dan noise tidak diteruskan ke tubuh penumpang,” jelasnya.

All New Alphard yang diluncurkan di GIIAS 2024 hadir dalam empat pilihan tipe, yakni basic model, 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV.

Sebagai informasi, tipe 2.5 HV merupakan opsi hybrid electric vehicle (HEV) untuk All New Alphard. Mobil ini memiliki efisiensi mesin tinggi, powerful, serta low emission sebagai bagian dari langkah Toyota dalam mendukung carbon-neutral mobility.

Dari segi warna, All New Alphard hanya tersedia dua pilihan, yakni Platinum White Pearl dan Black. Sementara, untuk interior, hanya tersedia pilihan warna black untuk seluruh tipe.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com