Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Kompas.com - 04/10/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran aki untuk sepeda motor keluaran baru cukup krusial. Jika tidak diperhatikan kondisinya bisa mengakibatkan aki soak lebih cepat dari masa pakai, efeknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan. makin repot adalah ketika hal tersebut terjadi di tengah rutinitas yang padat.

Untuk itu, kesehatan dan kondisi aki harus selalu diperhatikan oleh pengguna. Aki yang sudah soak akan menunjukkan tanda-tanda harus segera diganti.

Mamal Syahrudin, Area Service Sparepart Mekar Motor, mengatakan, jika kondisi aki sudah lemah, biasanya akan menunjukkan berbagai gejala.

Baca juga: Waspada, Banyak Pengemudi Seenaknya Pindah Lajur Tanpa Sein di Tol

“Pertama motor sulit di starter (tidak bisa menyala), mesin susah hidup. Kemudian, panel lampu speedometer redup, lampu sein reduk, klakson tidak bisa berbunyi, ada bunyinya tapi suaranya kecil,” kata Mamal, kepada Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

Mamal menambahkan, ada sejumlah kebiasan biker yang membuat aki soak lebih cepat dari masa pakai.

Sebelum modifikasi yang bersifat kelistrikan, tegangan aki motor sebaiknya diperiksa dan dipastikan baikKOMPAS.com/daafa Sebelum modifikasi yang bersifat kelistrikan, tegangan aki motor sebaiknya diperiksa dan dipastikan baik

“Ada beberapa penyebab yang bisa bikin aki cepat soak, seperti handle rem dipegang terus menerus, adanya korsleting dari kabel-kabel, sampai pengisian aki yang tidak normal,” kata Mamal.

Tak hanya itu, menurut Mamal, pemilik kendaraan yang jarang menggunakan sepeda motor juga akan membuat usia aki menjadi lebih pendek dari seharusnya.

Umumnya masa pakai aki sepeda motor sekitar 1,5 tahun sampai 2 tahun paling lama.

Baca juga: Cek Daftar Harga Aki Motor Per Oktober 2023

“Jarang memakai sepeda motor, berakibat tidak adanya sirkulasi pengecasan. Selain itu, aki soak juga bisa ditandai dengan tegangan baterai dibawah 10V, kata Mamal.

Sebagai upaya pencegahan, ada baiknya pemilik motor tidak lupa untuk melakukan perawatan terhadap sepeda motornya secara berkala. Semakin sering perawatan motor dilakukan maka pengecekan kondisi aki juga akan dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com