Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Hasil Konsumsi BBM Chery Omoda 5 GT AWD

Kompas.com - 06/12/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Omoda 5 GT AWD menjadi varian tertinggi dari keluarga Chery. Mobil yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) crossover tak hanya memiliki desain yang agresif namun juga fitur yang melimpah.

Di atas kertas, Omoda 5 GT AWD dibekali dengan mesin 1.600 cc turbo TGDI yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 197 Tk dan torsi maksimum 290 Nm.

Tim redaksi diberi kesempatan untuk mengetes Omoda 5 GT AWD selama beberapa hari. Pengujian termasuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar SUV crossover asal negeri tirai bambu yang dibandrol dengan harga Rp 488,8 juta.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan di Sulawesi Selatan Berlaku sampai 29 Desember 2023

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, meliputi rute dalam kota, dengan kondisi jalan yang beragam, meliputi jalan tol dan non tol. Perhitungan menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Adapun mode berkendara yang dipilih redaksi yaitu normal dan sesekali diubah ke eco. Penggunaan fitur selama berkendara, terbilang cukup normal di mana air conditioner (AC) mobil terus aktif pada suhu 20 derajat, layar hiburan terkoneksi dengan ponsel serta tidak membuka kaca kecuali diperlukan.

Hasil konsumsi Chery Omoda 5 GT AWDKompas.com/Nanda Hasil konsumsi Chery Omoda 5 GT AWD

Hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Omoda 5 GT AWD mendapatkan angka 11,4 liter/100km atau 8,7 kilometer per liter (kpl) setelah menempuh jarak 216,5 km dengan kecepatan rata-rata 23,9 kpj.

Baca juga: Beda Logo Spirit of Ecstasy di Rolls Royce Biasa dan Spectre

Hasil konsumsi BBM itu tidak bisa dibilang irit, namun tidak juga boros. Pasalnya mobil ini dibekali dengan mesin turbo dengan kapasitas 1.600 cc dengan penggerak AWD.

Namun tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Mengingat banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar. Dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com