Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumpa Suzuki Raider J Crossover, Pesaing Honda CT125 dan Yamaha PG-1

Kompas.com - 06/12/2023, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANGKOK, KOMPAS.com – Pada Thailand International Motor Expo 2023, salah satu motor baru yang menarik perhatian adalah Yamaha PG-1. Motor bebek bergaya petualang menjadi penantang serius bagi Honda CT125.

Namun, selain CT125, PG-1 sebetulnya juga menantang Suzuki Raider J Crossover. Motor bebek trail yang sudah lebih dulu meluncur di Thailand.

Suzuki Raider J Crossover memiliki dimensi panjang 1.970 mm, lebar 810 mm, tinggi 1.046 mm serta jarak sumbu roda 1.224 mm.

Baca juga: Bukan Menguap, Ini yang Bikin Oli Mesin Motor Cepat Habis

Suzuki Raider J CrossoverKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Raider J Crossover

Motor ini memakai mesin 4 tak 113 cc injeksi, SOHC, 2 valve, silinder tunggal, yang sama basisnya seperti milik Smash FI.

Berdasarkan spesifikasinya, motor ini mengusung mesin dengan bore x stroke (51 mm X 55,2 mm) serta rasio kompresi 9:4.

Tenaga maksimalnya 9,24 PS atau setara 9,11 Tk pada 7.500 rpm dan torsi 9 Nm pada 6.500 rpm, dan disalurkan melalui transmisi manual 4-percepatan.

Baca juga: Jangan Samakan BYD dengan Mobil Listrik Lain di Indonesia

Untuk menyalakan mesin bisa pakai elektrik maupun kick starter. Kemudian kapasitas tangki bahan bakar cuma 4 liter.

Motor ini memiliki ground clearance mencapai 156 mm, bobot total kendaraan 97 Kg, serta ketinggian jok dari tanah 775 mm.

Adapun ban pakai motif dual purpose ukuran 70/90-17M/C 38 P di depan dan belakang 80/90-17M/C 44 P, yang keduanya belum tubeless. Sementara pelek pakai jari-jari 17 inci, yang lebih pas buat melintasi jalan offroad.

Baca juga: Aksesori Ini Bermanfaat, tapi Bisa Bikin Aki Mobil Cepat Soak

Suzuki Raider J CrossoverKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Raider J Crossover

Bicara soal soal pengereman, roda depan menggunakan cakram berukuran sedang dan di belakang bertipe tromol.

Melihat tampilannya, wujud motor ini seperti menggabungkan motor trail di bagian depan dan motor bebek di bagian belakang.

Tampilan depan bak Suzuki DR150 yang gagah, dengan sokbreker depan panjang seperti pada motor sport. Sementara bodi samping sampai lampu belakang masih mirip dengan Smash FI.

Baca juga: Update Harga Skutik Bongsor per Desember 2023

Suzuki Raider J CrossoverKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Raider J Crossover

Urusan fitur, tidak ada yang spesial dari motor ini. Seluruh pencahayaan masih mengandalkan bohlam halogen. Sedangkan layar instrumen masih pakai model analog.

Perihal harganya, Suzuki Raider J Crossover mungkin jadi yang paling murah di antara dua kompetitornya. Motor dual purpose ini kabarnya dijual sekitar 44.000 baht atau setara Rp 19 jutaan.

Sedangkan Yamaha PG-1 diluncurkan dengan harga 64.900 baht atau setara Rp 28,8 juta. Lalu, Honda CT125 di Indonesia dijual dengan banderol Rp 81,4 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com