Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Samakan BYD dengan Mobil Listrik Lain di Indonesia

Kompas.com - 05/12/2023, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat mobil listrik dipercaya akan jadi tren kendaraan di masa depan. Saat ini Indonesia tercatat sudah banyak merek mobil yang menawarkan mobil listrik.

Pemainnya cukup banyak, di Indonesia calon konsumen bisa memilih mulai dari merek Eropa, Jepang, Korea Selatan dan juga China. Untuk merek terakhir, China merupakan salah satu yang paling masif penetrasi meski saat ini pasar mobil listrik belum terlalu besar.

Baca juga: Yayasan Pendidikan Astra Lanjutkan Komitmennya di 2024

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, mengatakan, memang benar saat ini banyak merek yang bermain di mobil listrik, namun BYD yakin punya keunggulan yang tidak dimiliki pabrikan lain.

Taksi listrik Blue Bird, BYD e6 Kompas.com/Fathan Taksi listrik Blue Bird, BYD e6

"Ya banyak merek yang sekarang aktif masuk ke segmen EV, tapi BYD punya keunggulan, yaitu BYD merupakan produsen kedua baterai lithium di dunia, dan satu-satunya produsen mobil yang punya baterai sendiri, motor listrik (dinamo), dan platfrom (EV)," kata Zhao kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Untuk diketahui BYD menyebut diri mereka sebagai perusahaan teknologi, mobil listrik hanya salah satu produk yang dihasilkan. Selain mobil, BYD juga bermain di sektor rail transit, energi terbarukan, dan elektronik.

Pada sektor otomotif, BYD mengklaim memiliki semua teknologi mobil listriknya sendiri. Mulai dari baterai, CTB technology, platfrom khusus mobil listrik, hingga intellegent body control system.

BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023

"Jadi kami ingin menciptakan imajinasi bagi semua orang, bahwa teknologi EV dapat diterima. Kami percaya diri dengan tren ini, untuk generasi berikutnya," ujarnya.

"Jadi ini kelebihan dan pembeda antara BYD dengan merek lain," ujar Zhao.

"Kami ingin branding pada orang mengenai keunggulan EV dan baterai kami, kami melihat keamanan sebagai prioritas paling tinggi untuk konsumen, dan kami ingin menawarkan produk yang berkelanjutan dan tahan lama," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com