Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan Pendidikan Astra Lanjutkan Komitmennya di 2024

Kompas.com - 04/12/2023, 19:43 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR), menyelenggarakan Media Gathering dengan tema ‘Bergerak Pantang Menyerah untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia’ di Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

Melalui agenda ini, YPA-MDR berbagi informasi terkait aktivitas selama 2023 dan rencana program Kontribusi Sosial Keberlanjutan Astra Untuk Indonesia Cerdas yang akan dilaksanakan di tahun 2024.

YPA-MDR turut berkontribusi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tiap-tiap wilayah, mencintai seni budaya lokal, dan memiliki karakter yang didasari nilai-nilai luhur Indonesia.

Pembekalan yang diberikan oleh YPA-MDR dilakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah, manajemen sekolah, dan komite sekolah untuk mencapai standar pendidikan yang berlaku sesuai dengan Kurikulum Merdeka Kemendikbudristek.

Baca juga: Jangan Cuek, Ketahui Batas Toleransi Ganti Oli Motor

PT Astra International Tbk melalui Yayasann Pendidikan Astra ? Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB)ist PT Astra International Tbk melalui Yayasann Pendidikan Astra ? Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB)

Bukti akan kesuksesan ini terlihat dari status sekolah binaan, yang meraih Akreditasi A Predikat Sekolah Unggul, sertifikat ISO 9001: 2015, sekolah berbasis Information and Communication Technology (ICT), sekolah berbasis riset, dan Sekolah Adiwiyata.

Pada tahun 2023, YPA-MDR menambah wilayah binaan baru, yaitu 11 sekolah di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur dan 15 sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melaksanakan Groundbreaking Revitalisasi salah satu sekolah binaan YPA-MDR di SDN 020 Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 1 November 2023, merupakan titik awal pembinaan sekolah di wilayah baru sebagai solusi untuk mencapai sekolah unggul yang berwawasan global.

Baca juga: Musim Hujan, Jangan Coba Terabas Jalanan yang Banjir

Sekolah binaan PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meraih predikat sekolah unggul dalam acara Media Tour bertajuk Sekolah Unggul untuk Indonesia di SMKN 1 Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sekolah binaan PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meraih predikat sekolah unggul dalam acara Media Tour bertajuk Sekolah Unggul untuk Indonesia di SMKN 1 Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).

Presiden Jokowi juga mengekspresikan kebahagiaannya sebab adanya campur tangan pihak swasta dalam membangun infrastruktur pendidikan bangsa sekaligus mengapresiasi komitmen YPA-MDR untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan IKN.

Gunawan Salim, Ketua Pengurus YPA-MDR menjelaskan, pihaknya berencana untuk terus melanjutkan komitmen dalam peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan edukasi masyarakat di tahun 2024.

“Pada tahun 2024, YPA-MDR senantiasa berkomitmen untuk melanjutkan misi sebagai agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal dan strategis bersama berbagai pemangku kepentingan daerah melalui sinergitas pembinaan yang terintegrasi,” ucap Gunawan dalam keterangannya, Senin (4/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com