Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Kelas ke MotoGP, Pedro Acosta Belum Punya SIM

Kompas.com - 03/12/2023, 11:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber GPone

JAKARTA, KOMPAS.com - Berhasil menjadi Juara Dunia Moto2 2023, Pedro Acosta juga meraih Triumph Triple Trophy award dan mendapat hadiah sepeda motor Triumph Street Triple RS 765.

Uniknya unitnya bukan motor standar melainkan versi modifikasi pabrikan. Motor tersebut dibuat dan dimodifikasi langsung di kantor pusat Triumph di Kinckley, Inggris.

Baca juga: Pinjamkan KTP untuk Pengajuan Kredit Motor, Seorang Debitur Dipenjara 1 Tahun

Menariknya, Acosta yang saat ini berumur 19 tahun dan musim depan naik kelas ke MotoGP bersama GasGas Tech3 ternyata belum punya Surat Izin Mengemudi (SIM) motor.

Pebalap GasGas Tech3 Pedro Acosta Foto: X Pedro Acosta Pebalap GasGas Tech3 Pedro Acosta

"Saya sangat senang bisa memenangkan penghargaan ini. Ini adalah motor yang luas biasa," kata Acosta dilansir dari GPOne, Minggu (3/12/2023).

"Saya melihat banyak orang yang suka naik motor ini, dan mungkin ini sat yang tepat untuk saya buat SIM, sehingga saya bisa mengendarainya di lana raya," ujar Acosta.

Seperti diketahui Triumph merupakan suplier mesin Moto2, dan mesin yang dipakai Street Triple RS 765 pada dasarnya mirip dengan yang dipakai di Moto2 namun versi jalan raya.

Baca juga: Keunggulan Konversi Motor Listrik Pakai Dinamo Hub-Drive, Irit Baterai

"Terakhir kita tahu motor ini punya mesin sama yang dipakai di Moto2, dan kita tahu seberapa kencang Moto2. Melakukan beberapa stoppies dan wheelies menggunakan motor ini akan sangat menyenangkan," katanya.

Pebalap GasGas Tech3 Pedro Acosta Foto: X Pedro Acosta Pebalap GasGas Tech3 Pedro Acosta

Di sisi lain belum lama ini pebalap yang digadang sebagai The Next New Marc Marquez sudah melakukan tes resmi. Pebalap asal Spanyol tersebut berada di posisi ke-18 di tes resmi Valencia.

Tujuan awal tes ini ialah pengenalan motor dan motor MotoGP sangat berbeda dengan motor Moto2 lantaran motor MotoGP punya banyak sekali tombol.

"Saya tidak bilang bahwa saya cepat, saya punya banyak tombol yang mesti dipencet dan kadang saya menyadari masuk ke tikungan dalam posisi terlalu rebah," ujar Acosta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com