Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Baterai LFP dan Solid State buat Motor Listrik

Kompas.com - 03/12/2023, 10:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Prinsipal Honda terus berinovasi dalam mengembangkan motor listrik, salah satunya dengan mengembangkan teknologi baterai dengan kepadatan energi lebih baik dan memiliki jarak tempuh lebih jauh dari sebelumnya.

Dilansir dari Ride Apart (2/12/2023), Honda saat ini sedang mengerjakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP), selain baterai lithium-ion saat ini yang paling umum digunakan pada motor listrik modern dan kendaraan lainnya.

Mereka juga berupaya untuk meningkatkan solusi kepadatan energi, dan berharap untuk memasukkan baterai solid-state di suatu tempat, meskipun tidak ada batas waktu yang diberikan.

Baca juga: Pinjamkan KTP untuk Pengajuan Kredit Motor, Seorang Debitur Dipenjara 1 Tahun 

Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022

Selain itu, motor listrik Honda di masa depan akan mencakup peningkatan konektivitas, serta pembaruan over-the-air.

Mulai tahun 2026, Honda juga bermaksud untuk memasukkan telematika ke dalam lini sepeda motornya secara lebih luas, baik listrik maupun mesin bakar internal.

Lewat teknologi ini, Honda ingin mengumpulkan lebih banyak data dari pengendara tentang bagaimana, di mana, dan mengapa mereka menggunakan motor mereka.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Konversi Rp 4 Juta, Termurah di Indonesia

Melalui hal ini, kabarnya dapat membantu Honda untuk lebih memahami dan mengembangkan produk yang diinginkan pengendara.

Sebelumnya, prinsipal Honda menargetkan penjualan motor listrik tembus 4 juta unit pada 2030. Angka ini naik 500.000 unit dibandingkan target yang diumumkan pada September tahun lalu.

Kemudian, Honda juga akan menginvestasikan 500 miliar yen atau setara Rp 52,4 triliun hingga tahun 2030 untuk meluncurkan model-model baru.

Dan paling menarik, perusahaan berharap dapat menurunkan harga motor listrik hingga separuhnya pada tahun 2030 dibandingkan model saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com