Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pebalap MotoGP yang Paling Banyak Jatuh di Musim 2023

Kompas.com - 03/12/2023, 08:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – MotoGP musim 2023 telah rampung dan mengantarkan Francesco Bagnaia menjadi juara dunia untuk kedua kalinya.

Selama satu musim bergulir, ajang ini turut mencatatkan pebalap yang paling banyak terjatuh. Di mana pebalap Repsol Honda Marc Marquez memiliki angka terjatuh terbanyak.

Dilansir dari Crash (2/12/2023), Marquez mengalami 29 kecelakaan. Sebelumnya, Marquez juga memiliki rekor 27 kali terjatuh pada musim 2017.

Baca juga: Pinjamkan KTP untuk Pengajuan Kredit Motor, Seorang Debitur Dipenjara 1 Tahun

Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023todocircuito.com Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023

Posisi kedua dalam daftar adalah rekan setim baru Repsol Honda Joan Mir , yang terjatuh 24 kali meski melewatkan tiga event. Rekor tertinggi Mir sebelumnya adalah 12 kali terjatuh pada musim rookie 2019, di Suzuki.

Pebalap non-Honda yang paling banyak terjatuh adalah Aleix Espargaro dan rookie KTM Augusto Fernandez , dengan 23 kali.

Sementara itu, yang paling banyak terjatuh di Ducati adalah Alex Marquez, yaitu 21 kali, menyamai perolehan saat musim terakhirnya di Honda.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Konversi Rp 4 Juta, Termurah di Indonesia

Para pebalap Yamaha sama-sama mencatatkan satu digit, dengan Fabio Quartararo dan rekan setimnya Franco Morbidelli yang sama-sama mengalami sembilan crash.

Seperti Morbidelli dan Maverick Vinales dari Aprilia, juara dunia baru Francesco Bagnaia hanya terjatuh tujuh kali musim ini.

Jumlah total terjatuh di kelas premier bertambah menjadi 23 kecelakaan pada musim ini, dari 335 menjadi 358 kecelakaan.

Baca juga: Benarkah Makin Encer Oli Mesin Lebih Bagus?

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans.Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans.

Secara keseluruhan, untuk MotoGP, Moto2, dan Moto3, terjadi 1.012 kecelakaan tahun ini dibandingkan 1.106 pada musim lalu.

Sebagai informasi, Aron Canet paling banyak terjatuh di Moto2 (24 kali), sedangkan rookie David Alonso memuncaki kecelakaan di Moto3 (23 kali).

Dalam hal trek, Sirkuit Internasional Buddh yang licin setara dengan Sirkuit Le Mans yang mencatat kecelakaan terbanyak.

Baca juga: Daihatsu Ayla Lawas Tampil Elegan, Biaya Modifikasi Tembus Rp 400 Juta

Insiden antara Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales pada MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans.Dok. MotoGP Insiden antara Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales pada MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans.

Pada semua kelas grand prix, kedua sirkuit sama-sama mencatat 79 kali kecelakaan selama balapan akhir pekan tahun 2023.

Untuk diketahui, statistik resmi MotoGP hanya menghitung kecelakaan selama balapan akhir pekan, dan tidak menghitung kecelakaan apa pun yang terjadi selama pengujian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com