Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Didaftarkan di RI, Intip Spesifikasi VinFast VF 3

Kompas.com - 01/12/2023, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif asal Vietnam, VinFast sudah mendaftarkan salah satu produk kendaraan listrik andalannya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham).

Dalam dokumen bertajuk Berita Resmi Desain Industri No. 64/DI/2023 yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kemenkumham, besar kemungkinan mobil dimaksud ialah VF 3.

Hal tersebut sesuai dengan desain yang sangat kompak menyerupai Suzuki Jimny maupun Mini Cooper, tetapi punya wajah yang modern meskipun mengotak.

Baca juga: MG HS PHEV Berencana Masuk Indonesia

Produk kendaraan VinFast sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham)dok.Kemenkumham Produk kendaraan VinFast sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham)

Kendati belum dipastikan kapan waktu peluncurannya, namun kehadiran VF 3 ke pasar Tanah Air agaknya akan jadi suatu hal menarik. Sebab pilihan mobil listrik mungil akan semakin banyak setelah sebelumnya diluncurkan DFSK Seres.

Melansir laman resmi VinFast, VF 3 punya desain dua pintu yang bisa menampung lima penumpang dewasa di dalamnya, Mobil memiliki dimensi panjang 3.114 mm, yang membuat kabinnya cukup lapang meski berdesain kompak.

Sorotan utama termasuk lampu depan dan kaca spion persegi, kap mesin yang menggembung, logo burung berbentuk V di bumper depan dan belakang, lengkungan roda plastik yang tebal, dan perawatan atap mengambang.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Mobil yang Mengalami Oversteer atau Understeer

VinFast VF 3dok.VinFast VinFast VF 3

Mobil listrik mungil ini mengendarai roda 16 inci dan akan tersedia dengan berbagai warna bodi.

Beralih ke interior, VF 3 dibuat minimalis untuk mengoptimalkan ruang duduk lima orang di dalam mobil. Fitur pintar dasar terintegrasi penuh, memastikan pengalaman pengguna yang nyaman dan nyaman.

Dasbornya yang dangkal menampilkan satu tampilan informasi di belakang setir dan tidak ada tombol fisik atau konsol tengah. Pada bagian tengahnya hanya ada pengoperasian AC dengan cara touchscreen dan lubang ventilasinya.

Selanjutnya, untuk setirnya sudah terdapat beberapa tombol (steering switch) serta ada logo “V” beraksen krom. Diprediksi steering switch yang ada bisa untuk mengoperasikan beberapa fitur seperti kebutuhan audio dan fitur lain.

Baca juga: Kendala DAMRI Mengoperasikan Angkutan Perintis di Indonesia

Interior VF 3dok.VinFast Interior VF 3

VinFast mengatakan bahwa fitur-fitur pintar dasar sepenuhnya terintegrasi untuk memastikan "pengalaman pengguna yang nyaman dan mudah."

Sayangnya, perseroan belum mengungkap spesifikasi teknis pada VF 3. Bocoran yang beredar hanya menyebutkan mobil akan hadir dengan dua varian, Eco dan Plus.

VinFast mengatakan konsumen baru bisa memesan mobil listrik ini pada September 2023 dan pengirimannya mulai kuartal ketiga 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com