Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Taktis Khusus TNI-Polri

Kompas.com - 01/12/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eltran Indonesia melalui PT Len Industri (Persero), meluncurkan motor listrik taktis baru bernama Len Sprint 3K. Sesuai labelnya, unit ini dikhususkan untuk keperluan alutsista nasional.

Motor listrik Len Sprint 3K dibuat secara khusus di bawah naungan Kementerian Pertahanan, dan diperuntukkan sebagai kendaraan dinas semi-militer, untuk aparat TNI dan Polri.

Regina, Business Development PT Len menjelaskan, pengembangan motor listrik ini sejatinya sudah dimulai sejak akhir 2022, namun realisasi dan peluncurannya baru dimulai pada pertengahan 2023.

Baca juga: Spesifikasi Polytron T-Rex, Motor Listrik Premium Baru

Motor listrik baru buatan KemenhanKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik baru buatan Kemenhan

“Sebagai awalan, kami sudah menyerahkan sebanyak 100 unit motor listrik kepada TNI AL, TNI AD, TNI AU, dan Polri, bulan Agustus kemarin,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Saat ini, PT Len Industri mengaku telah memiliki sebanyak 5.000 pesanan khusus instansi TNI-Polri, yang rencananya akan dikirimkan secara bertahap, dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2024.

Untuk menyanggupi pesanan tersebut, PT Len akan menggunakan assembly point alias titik perakitan khusus yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Bandung.

Baca juga: Video Pengendara Motor Lepas Kendali di Belokan, Tabrak Motor Lain

Motor listrik baru buatan Kemenhan Kompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik baru buatan Kemenhan

“Unit akan kami serahkan bertahap ke pihak TNI dan Polri, sejauh ini baru 100 unit untuk awalan,” ucapnya.

Regina menambahkan, untuk saat ini, pihaknya hanya memproduksi Sprint 3K untuk keperluan instansi saja. Motor listrik ini belum diperuntukkan bagi masyarakat sipil, menimbang spesifikasinya dianggap terlalu tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com