Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sepelekan Oli Rembes di Mesin Mobil

Kompas.com - 30/11/2023, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bawaan MINI Cooper ialah oli rembes dari bagian mesin. Meski cukup umum buat mobil namun sebisa mungkin kejadian seperti itu jangan dianggap sepele.

Cliff, pemilik bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, jika melihat atau mengetahui ada oli rembes jangan dibiarkan karena lama-kelamaan oli bisa berkurang.

Baca juga: Bocor Spesifikasi Motocross Triumph TF 250-X, Motor Trail Kompetisi

"Sebetulnya adanya kebocoran oli tidak bisa dianggap sepele. Karena begitu ada kebocoran dan kita tidak bisa menjaga olinya, saat olinya habis bakal bahaya," ujar Cliff kepada Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Mini Cooper 3 DoorsYoutube Mini Cooper 3 Doors

Pada umumnya jika jumlah oli kurang dari standar maka sirkulasi di ruang mesin jadi tidak maksimal. Kurang oli dapat menyebabkan pelumasan tidak maksimal, alhasil mesin cepat panas dan komponen aus.

Kalau terus dibiarkan dalam kasus ekstrem mobil bisa mati sendiri atau mogok.

"Kemudian kaki-kaki, jika sokbreker bocor tapi dibawa jalan terus maka lama-lama bisa merusak komponen yang lain. Tapi kalau MINI gampang panas tidak (overheat)," kata Cliff.

Baca juga: Beli dari Balai Lelang, Pedagang Mobil Bekas Bisa Untung Belasan Juta Rupiah

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

Cliff menjelaskan oli rembes pada MINI Cooper bukan karena kualitas mobil yang jelek melainkan mayoritas terjadi karena usia mobil.

"Sebetulnya usia saja, usia mobil," kata Cliff.

"Karena kalau sekarang kita bicara mobil tahun 2014 saja saat ini sudah hampir 10 tahun. Sedangkan seolah pertanyaannya ialah kenapa mobil MINI itu durability-nya seperti kurang padahal kilometer masih rendah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com