Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Perawatan Mobil FWD, Jangan Pernah Telat Ganti Oli Transmisi

Kompas.com - 30/11/2023, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com- Demi menjaga kinerja dan keamanan mobil dengan sistem penggerak roda depan (FWD), terdapat serangkaian tindakan yang perlu dilakukan, salah satunya mengganti oli transmisi.

Dengan memperhatikan penggantian pelumas tersebut akan memperpanjang umur transmisi dan gardan yang terletak di dalam transmisi.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, perawatan mobil FWD kuncinya terletak pada penggantian oli transmisi.

Baca juga: IKM Mampu Mendongkrak TKDN Industri Otomotif Nasional

Roda depan digerakkan oleh drive shaftKompas.com/Erwin Setiawan Roda depan digerakkan oleh drive shaft

“Untuk FWD, karena gardannya sudah di desain khusus dan menjadi satu rumah dengan transmisi (built in), jadi penggantian olinya hanya transmisi saja,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Rabu (29/11/2023).

Iwan mengatakan, untuk ganti oli transmisi bisa dilakukan setiap 20.000 kilometer atau satu tahun.

Meski begitu, durasi interval penggantian oli dapat bervariasi tergantung pada merek, jenis dan kualitas oli yang digunakan.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Thailand Melesat, Insentif Cukup Deras

Drive Shaft menjadi satu-satunya komponen penggerak roda depan (FWD) Kompas.com/Erwin Setiawan Drive Shaft menjadi satu-satunya komponen penggerak roda depan (FWD)

“Kalau mobil manual jika telat ganti tidak terlalu berisiko, sebab bisa extend sampai 40.000 kilometer kalau kualitas olinya bagus, karena kerjanya tidak terlalu berat seperti mobil matic,” ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh, Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, gardan mobil FWD menjadi satu dalam transmisi, sehingga tidak perlu secara khusus mengganti oli gardan secara terpisah.

Baca juga: Komentar Para Pebalap MotoGP Soal Debut Marquez dengan Ducati

“Baik transmisi manual atau matik sama saja, konsumen tidak perlu mengganti oli gardan secara terpisah, ikuti saja jadwal ganti oli transmisi,” ucap Hardi kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, dengan mengganti oli transmisi sesuai jadwal akan membantu menjaga kinerja dan umur pakai sistem transmisi dan komponen terkaitnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com