Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Render Digital Triumph Tiger 400, Motor Petualang Ringkas

Kompas.com - 22/07/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Triumph dengan motor barunya yang memakai mesin 400cc satu silinder bisa dibilang cukup sukses. Spedd 400 dan Scrambler 400 langsung terpesan 10.000 unit setelah diperkenalkan selama 10 hari.

Melihat respons pasar positif, makanya ada kemungkinan versi lainnya akan muncul. Model petualang atau adventure tampaknya akan masuk akal, mengingat sedang ngetren di pasaran saat ini.

Dikutip dari Rushlane, seniman render otomotif Susobhan Maity membuat contoh motor petualang Triumph jika memakai mesin 400cc. Namanya tentu mengambil dari kakaknya, yakni Tiger.

Baca juga: Triumph Mau Produksi Motor 250cc

Motor kolaborasi Bajaj-Triumph resmi meluncur, Speed 400 dan Scrambler 400 XAUTOCAR INDIA Motor kolaborasi Bajaj-Triumph resmi meluncur, Speed 400 dan Scrambler 400 X

Bisa dilihat, dari gambar render tersebut Tiger 400 punya tampilan yang lebih modern, bukan klasik seperti Speed dan Scrambler. Misal lampu depan model LED, visor yang besar, paruh bebek di depan, hand guard, sampai tangki yang bongsor.

Lalu, dari render tersebut juga Tiger 400 memakai bangku terpisah dan bagian pengendara cukup rendah. Bentuk bangku ini jamak ditemukan di motor petualang, memudahkan manuver di jalanan aspal dan off-road.

Sisanya, bagian lain seperti mengambil dari Scrambler 400, seperti knalpot twin barrel dan pelek alloy. Pada suspensi depan juga dipasang model upside-down dengan aksen emas, dan tentu ban memakai model dual-purpose.

Baca juga: Bus Baru Gumarang Jaya Pakai Transmisi Matik, Ini Kata Sopir Bus

Soal performa, kemungkinan akan sama dengan Speed 400 dan Scrambler 400. Mesin 398,15cc satu silinder dengan pendingin cairan menghasilkan tenaga 39,4 TK dan torsi 37,5 Nm.

Lalu pada bagian kaki-kaku, suspensi upside down yang ada di depan diperkirakan punya travel 150 mm. Sedangkan di belakang, pakai monoshock yang dilengkapi external reservoir dan setelan preload.

Rem depan dan belakang sudah cakram, ditambah adanya fitur dual-ABS jadi standar. Kalau misal jadi kenyataan, Tiger 400 ini cukup tangguh tampilannya, ditambah fiturnya yang melimpah.

Lalu, nantinya Tiger 400 akan bertemu rival seperti KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS. Jadi semakin ramai saja di segmen motor petualang yang ringkas, untuk negara yang kondisi jalannya super ramai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com