Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Interior Hyundai Stargazer X dengan Captain Seat

Kompas.com - 29/11/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer X memberikan warna baru pada segmen MPV crossover dengan tampilan eksteriornya yang futuristik. Pada bagian interiornya, mobil ini juga menampilkan kesan yang modern dan elegan.

Pada pengetesan kali ini, redaksi Kompas.com menggunakan Stargazer X tipe tertinggi alias tipe Prime dengan jok captain seat pada baris kedua.

Baca juga: Bahas Tampang Futuristik Hyundai Stargazer X

Saat masuk ke kabin Stargazer X, suasana mewah cukup terasa pada mobil ini. Ruang yang diberikan untuk pengemudi dan penumpang di baris terdepan juga cukup lapang. Selain itu, saat malam hari, kabinnya terlihat futuristik dengan adanya Ambient Light berwarna biru.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Interiornya didominasi warna hitam pada bagian dasbor dan door trim. Sedangkan pilar dan plafon berwarna putih. Selain itu, terdapat pula aksen warna silver pada dasbor.

Desain dasbor juga terlihat modern dengan layar head unit berukuran 8 inci model floating di bagian tengah.

Baca juga: LSUV Terlaris Oktober 2023: Terios Geser Rush, Stargazer X Melambat

Dasbornya tidak jauh berbeda dari Stargazer. Akan tetapi, ada satu perbedaan paling signifikan dengan Stargazer model lama, yakni pada bingkai panel instrumen.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Pada Stargazer X, bingkai tersebut sudah dibuat lebih ramping pada bagian atasnya. Sebab, banyak konsumen Stargazer lama yang mengeluhkan bingkainya terlalu tebal di bagian atas sehingga mengganggu visibilitas ketika mengemudi.

Terdapat beberapa soft touch pada bagian pintunya yang dilapisi dengan kulit berwarna hitam. Material kulit berwarna hitam juga digunakan untuk melapisi bagian jok.

Interior Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Interior Hyundai Stargazer X

Pada baris kedua, dengan penggunaan captain seat, jelas ruang yang disajikan menjadi lebih lapang. Namun, perlu diingat bahwa konsumen harus membayar Rp 1 juta lebih mahal untuk jok model tersebut.

Tak sedikit pula yang memilih untuk menggunakan jok model biasa. Meskipun ruangnya tidak begitu lapang, tapi kapasitas penumpang bertambah.

Baca juga: Hyundai Bakal Produksi Kona Electric di Indonesia Tahun Depan

Interior Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Interior Hyundai Stargazer X

Namun, penggunaan captain seat tidak hanya membuat baris kedua jadi terasa lebih lapang. Keunggulan lainnya adalah akses untuk masuk ke baris ketiga jadi lebih mudah.

Secara keseluruhan, interior Stargazer X dengan Stargazer tidak ada perbedaan yang signifikan. Soal harga, crossover andalan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ini dibanderol mulai Rp 325,6 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Style hingga Rp 336,2 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Prime.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com