Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Kenyamanan Interior BR-V dan Stargazer X

Kompas.com - 14/09/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai membahas singkat soal dimensi dan eksterior, giliran membandingkan bagian interior Hyundai Stargazer X dan Honda BR-V yang sama-sama bermain di kelas low sport utility vehicle (LSUV).

Jadi pemain baru di segmen LSUV tujuh penumpang, Stargazer X menawarkan konsep yang berbeda dengan menghadirkan pilihan konfigurasi jok captain seat pada bagian tengah.

Tak hanya ruang yang lebih lapang bagi penumpang, tapi hal ini tentu jadi sesuatu yang baru di segmen LSUV meski secara kapasitas penumpang pastinya berkurang.

Baca juga: Adu Dimensi dan Eksterior Stargazer X Vs BR-V

Interior Honda BR-VDok. HPM Interior Honda BR-V

Untuk hiburan, Stargazer X dibekali head unit layar sentuh 8 inci yang mengaplikasi sound system 8 speaker keluaran Bose dan digadang-gadang mampu menghasilkan suara lebih jernih.

Soal urusan fitur hiburan, jelas BR-V harus mengakui kelengkapan Stargazer X. Pasalnya, Honda hanya mengusung head unit 7 inci meski sama-sama sudah memiliki koneksi Apple dan Android.

Baca juga: Bocoran Toyota Fortuner Generasi Baru, Pakai Mesin Diesel Mild Hybrid

Tampilan meter cluster Stargazer X juga lebih modern karena sudah digital dengan dimensi 4,2 inci TFT LCD, sementara BR-V masih manual dengan jarum.

Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023 KOMPAS.com/Claudia Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023

Selain itu, fitur penunjang serta kemewahan juga cukup lengkap dihadirkan Hyundai, seperti 2 USB charging, wireless phone charger, voice recognition, audio steering switch, dan rear AC baik di baris kedua dan ketiga.

Honda BR-V juga memiliki audio steering switch, power outlet yang lengkap di tiap baris, arm rest di bangku baris kedua, layar meter cluster 4,2 inci TFT, seat back pocket sebagai ruang penyimpanan, serta jok yang sudah dilapis sintetis berwarna gelap.

Baca juga: Konsekuensi Downgrade Jenis Busi dari Iridium ke Nikel

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing 
Kompas.com/Fikria Hidayat Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Dari perbandingan singkat ini, terlihat Stargazer X sebagai pemain baru punya modal yang cukup lengkap. Belum lagi dengan Hyundai Bluelink yang menghadirkan ragam fitur dan memungkinkan konsumen mengendalikan mobil dengan smartphone.

Stargazer X secara konsepnya tak jauh dari versi MPV yang memang kaya dengan fitur pemanja bagi penumpang dan pengendara.

Untuk Honda BR-V sendiri, sepertinya lebih fokus pada pemenuhan fitur dasar yang lebih fungsional bagi pengendara dan penumpang.

Baca juga: Pelajaran Kecelakaan di Tol MBZ, Kalau Sakit Jangan Nekat Mengemudi


Namun bukan berarti Honda tak menyediakan fitur lainnya, karena BR-V juga punya suguhan lain seperti walk away auto lock serta remote engine start untuk menyalakan mesin dan mendinginkan kabin sebelum memasuki kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com