Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Atasi Oli Rembes di Mesin MINI Cooper

Kompas.com - 28/11/2023, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu penyakit yang kerap terjadi di MINI Cooper ialah oli rembes. Penyebabnya berbagai macam karena itu butuh pemeriksaan yang lengkap untuk memastikan sumber masalah.

Cliff, pemilik bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan bocor oli merupakan salah satu kejadian yang cukup sering ditemui di MINI Cooper.

Baca juga: MINI Cooper Tak Kuat Libas Genangan Air?

"Bocor oli cukup sering dari paking, biasa, terutama untuk MINI-MINI yang berusia di atas lima tahun. Netes (oli)," kata Cliff yang ditemui Kompas.com, di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta SelatanKOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan

Seperti diketahui, pada umumnya adanya oli yang rembes dari ruang mesin disebabkan segel atau karet yang rusak, gasket yang sudah usang, dan lain sebagainya.

Pada beberapa kasus juga bisa terjadi karena filter oli sudah usang atau rusak, serta oli melebihi kapasitas atau biasa disebut overfilling.

Cliff mengatakan, untuk mengetahui penyebab oli rembes di MINI Cooper mobil perlu diajak jalan.

"Dicek dulu. Biasanya dilakukan pengecekan menyeluruh kemudian di tes satu putaran dulu buat tahu bocornya seperti apa," katanya.

Baca juga: Pisah dengan Marquez, Santi Hernandez Jadi Kepala Kru Baru Joan Mir

Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.

Bila kemudian sudah diketahui dari mana rembesan tersebut berasal, maka tinggal diganti komponen yang berhubungan.

"Oli netes misalkan dari gasket pasti kita ganti. Gasket ada misalkan gasket cover valve, kruk as depan dan belakang, kemudian apa yang paling parah itu mengganti sil klep," ujar Cliff.

"Itu kan sil banyak sil solinoid, itu harus diganti supaya bocornya hilang," ujar Cliff yang sebelumnya lama bekerja di diler dan bengkel resmi MINI, Maxindo Arteri Pondok Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com