Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Cek Mobil Bekas Pakai TCU, Bisa Lebih Transparan

Kompas.com - 25/11/2023, 10:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bengkel-bengkel servis resmi memiliki satu layanan khusus bernama Total Check Up (TCU) yang bisa dimanfaatkan konsumen, khususnya saat hendak membeli mobil bekas.

Sesuai namanya, layanan ini adalah proses pemeriksaan secara menyeluruh, untuk menakar kualitas dan kesehatan mobil bekas. Mulai dari kelengkapan komponen, kondisi bodi, sampai performa mesin.

Layanan TCU diklaim memiliki akurasi tinggi, karena tidak hanya dikerjakan oleh mekanik bengkel resmi dari merek mobil, peralatan modern seperti mikrometer dan dyno juga digunakan.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, TCU bisa menambah transparansi antara konsumen dengan pedagang mobil bekas, dan memastikan supaya tidak terjadi kecurangan.

Baca juga: Modifikasi Audio Motuba Diklaim Lebih Mudah dan Suaranya Lebih Enak

Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkatKompas.com/Daafa Alhaqqy Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkat

“Bukannya curiga, tapi kan ada saja pedagang nakal yang ngakunya sudah inspeksi (mobil bekas), ternyata belum, cuma dibersihkan aja langsung jual,” ucap Juni kepada Kompas.com, Kamis (24/11/2023).

Selain pemeriksaan besar, TCU juga akan berfokus pada pemeriksaan-pemeriksaan kecil, yang mungkin bisa luput dari pandangan mata.

Juni mengatakan, contoh satu pemeriksaan kecil yang efeknya besar adalah kondisi baut dan sekrup di area kaki-kaki. Seiring berjalannya waktu, komponen ini pasti bisa termakan usia.

“Kalau ternyata sudah neyeng (keropos) kan bahaya, nanti harus servis lagi dan semacamnya,” ucap dia.

Baca juga: Jagoan Melibas Tanjakan Spongebob, Harga Avanza Reborn Bekas mulai Rp 80 Jutaan

Inspeksi mesin mobil bekasOtospector Inspeksi mesin mobil bekas

Satu keunggulan lain jika memanfaatkan layanan TCU adalah untuk negosiasi harga. Semisal mobil bekas sudah diperiksa dan hasilnya keluar, konsumen dan pedagang bisa lanjut mendiskusikan soal harga final.

Jika ternyata mobil memiliki kekurangan di beberapa bagian, konsumen tentu akan punya keleluasaan untuk mengajukan penurunan harga, atau bahkan menolak membeli.

“Ada bukti hasil inspeksinya juga, nanti bisa diprint buat bahan evaluasi. Pedagang juga bisa pakai ini buat menunjukkan kalau mobil bekasnya bagus,” kata Juni.

Beberapa pedagang mobil bekas memang mengaku sudah memiliki layanan inspeksi mobil pribadi, untuk menjamin kualitas unit-unit jualannya. Namun, masih ada yang bersikap fleksibel, membolehkan konsumen untuk periksa ke bengkel resmi.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas, Sebaiknya di Bulan-bulan Ini Saja

Mobile Service dari Toyota selama mudik lebaran 2023Auto2000 Mobile Service dari Toyota selama mudik lebaran 2023

Lambertus Darian, Pemilik Diler Mobil Bekas Lamberindo Auto Gading Serpong mengatakan, dirinya sangat terbuka jika konsumen hendak memeriksa unit miliknya di bengkel resmi.

“Supaya lebih yakin kan, boleh-boleh saja. Nanti akan ditemani ke bengkel resmi terus cek ulang di sana,” ucap dia.

Untuk diketahui, layanan TCU tersedia di bengkel-bengkel resmi setiap produsen. Biaya jasanya adalah sebesar Rp 250.000, dan prosesnya cuma memakan waktu sekitar 3 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com