Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngelitik pada Avanza Reborn Memengaruhi Tenaga Saat Menanjak

Kompas.com - 24/11/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Ngelitik merupakan bunyi ketukan yang timbul saat mobil dioperasikan, terutama saat digunakan untuk menanjak. Bunyi ketukan ini bersumber dari mesin wujud dari adanya getaran akibat pembakaran tidak sempurna.

Maka dari itu, ngelitik bisa muncul pada banyak jenis mobil mesin bensin termasuk Toyota Avanza generasi kedua yang merupakan mobil dengan usia 12 tahunan sejak pertama kali mengaspal.

Ngelitik dapat menyebabkan turunnya performa mesin dampak dari waktu pengapian yang tidak tepat. Sehingga, dorongan piston tidak terkonversi menjadi tenaga secara optimal.

Baca juga: Estimasi Perbaikan Kaki-kaki Avanza Reborn yang Unggul di Tanjakan Spongebob

Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Meski demikian, pengguna Avanza Reborn tidak perlu khawatir karena ngelitik ini bisa diobati dengan cukup mudah dengan melakukan beberapa perawatan. Simak penjelasan ahli berikut!

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan ngelitik harus diobati karena itu berpengaruh terhadap performa terutama saat mobil membutuhkan tenaga ekstra seperti menanjak.

“Biasanya ngelitik akan sembuh dengan melakukan pembersihan ruang bakar, gurah mesin atau carbon cleaner, karena umumnya ngelitik disebabkan oleh kotoran yang mengganggu pembakaran, namun ada perawatan lain yang juga berpengaruh,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: Avanza Reborn Bekas Diklaim Cocok Jadi Mobil Pertama

Modifikasi Toyota AvanzaPhoto by alfin.photoworks Modifikasi Toyota Avanza

Selain pembersihan ruang bakar, Muchlis mengatakan perlu dipastikan bahan bakar yang digunakan untuk Avanza sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

“Mesin-mesin terbaru minimal menggunakan bensin dengan RON minimal 92 seperti Pertamax, pastikan juga sistem bahan bakar, mulai dari strainer filter tangki bahan bakar, tekanan pompa bahan bakar, filter, dan injektor tidak tersumbat,” ucap Muchlis.

Selain sistem bahan bakar harus baik, Muchlis juga mengatakan udara yang masuk ke ruang bakar harus lancar dengan memastikan saringan bersih, tidak ada kotoran menumpuk pada throttle body dan saluran masuk.

Baca juga: Ini yang Bikin Avanza Reborn Kuat Lewati Tanjakan Spongebob

Modifikasi Toyota AvanzaAlfin Photoworks Modifikasi Toyota Avanza

“Pengapian juga berpengaruh, sehingga Avanza generasi kedua wajib melakukan servis rutin, dengan demikian semua elemen tersebut selalu diperiksa dan dipastikan dalam kondisi prima, harapannya ngelitik bisa dihindari,” ucap Muchlis.

Sementara itu, Muchlis menyarankan servis rutin pada Avanza Reborn dilakukan setiap 6 bulan atau setelah menempuh jarak 5.000 Km atau setiap kali penggantian oli mesin. Sedangkan pembersihan ruang bakar atau gurah mesin bisa dilakukan setiap 10.000 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com