Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat

Kompas.com - 23/11/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi kedua lansiran 2011 - 2020, atau biasa disebut Avanza Reborn, sempat mengalami popularitas di bursa mobil bekas, belum lama ini.

Popularitas tersebut diakui oleh beberapa pedagang mobil bekas di sentra otomotif. Alasannya juga cukup lucu, yakni karena fenomena ‘tanjakan spongebob’, kejadian viral yang sempat populer di pertengahan tahun.

Untuk diketahui, istilah tanjakan spongebob mengacu kepada jalan dengan elevasi tidak normal dan sudut kemiringannya sangat curam, bahkan bisa di atas 30 derajat. Sudah ada banyak dokumentasi sosial media yang merekam kejadian semacam ini.

Baca juga: Pedagang Sebut Penjualan Mobil Bekas Terpengaruh ‘Isu Gorengan’

Kaitan kejadian tersebut dengan meningkatnya penjualan Avanza Reborn, adalah karena mobil LMPV ini menggunakan penggerak belakang (RWD), dan harganya kini sudah sangat murah.

Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong mengatakan, permintaan untuk Avanza Reborn memang sempat meningkat drastis selama bulan Juli-Agustus 2023.

“Biasanya kalau ada stok, saya yang arahkan ke customer buat ambil mobil itu. Tapi kemarin sempat banyak tuh, customer dateng dan mintanya langsung Avanza Reborn,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Michael mengaku sempat keheranan saat permintaan untuk Avanza Reborn sempat melonjak. Selang beberapa waktu, dirinya baru sadar jika hal itu dipengaruhi oleh kejadian viral.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Sitinjau Lauik, Siapa yang Menanggung Kerugian?

Toyota menggelar ajang tes drive khusus bagi Avanza generasi terbaru serentak secara nasional.Donny Apriliananda/Kompas.com Toyota menggelar ajang tes drive khusus bagi Avanza generasi terbaru serentak secara nasional.

“Ternyata gara-gara tanjakan spongebob, ada satu customer yang cerita. Aneh-aneh juga orang kalau cari mobil,” kata dia sembari berkelakar.

Dia mengaku sedikit mafhum perihal kenapa Avanza Reborn sempat viral. Menurutnya, mobil-mobil RWD memang dikenal lebih bertenaga, dan punya tenaga lebih.

Untuk diketahui, Avanza generasi ke-3 alias lansiran terbaru, memang sudah menggunakan platform berbeda dan berubah menjdi jenis penggerak depan (FWD).

“Kalau orang carinya RWD, murah, bagus, ya Avanza Reborn. Enggak ada yang lainnya,” kata dia.

Menyoal harga, Michael mengaku banderol Avanza Reborn bekas memang cukup bervariasi tergantung kondisi. Harga terendah yang pernah dia berikan adalah Rp 95 juta, untuk lansiran 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com