Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksimalkan Audio Mobil Standar dengan 2 Komponen Ini

Kompas.com - 16/11/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Selain tampilan, modifikasi audio mobil saat ini juga sedang berkembang pesat. Pasalnya selain mudah, secara opsi perubahan untuk sound system juga beragam yang membuat konsumen lebih leluasa menyesuaikan anggaran.

Modifikasi audio juga tidak harus selalu total 100 persen dan mengeluarkan biaya besar, sebab konsumen bisa memilah komponen apa saja yang hendak diambil.

Bagi konsumen dengan dana terbatas, tapi menginginkan suara audio mobil berkualitas, ada anjuran dua produk yang bisa dibeli, yakni Digital Signal Processor (DSP) dan subwoofer.

Tedy Junaidi, Owner Bengkel Spesialis Audio Niki Motor Tangerang, menganjurkan dengan dua komponen tersebut sudah cukup bagi pengguna awam.

Baca juga: Biaya Modifikasi Audio Mobil mulai Rp 7,5 Jutaan

Paket modifikasi audio mobil, terdiri dari tweeter, speaker, dan subwoofer. Harganya bisa tembus ratusan juta rupiahKompas.com/Daafa Alhaqqy Paket modifikasi audio mobil, terdiri dari tweeter, speaker, dan subwoofer. Harganya bisa tembus ratusan juta rupiah

“Kalau dana terbatas, ambil DSP dan subwoofer saja, ambilnya per-part, terus langsung dipasang,” kata dia kepada Kompas.com di Tangerang, Rabu (15/11/2023).

Tedy menjelaskan, mobil-mobil dengan sound system orisinil kaluaran pabrik tidak memiliki dua komponen tersebut. Setelah dipasang, kualitas audio diklaim bisa cukup meningkat.

“Nantinya kita pakai speaker orisinil saja bawaan pabrik. Enggak pakai tweeter enggak apa-apa, kasih subwoofer sama DSP saja udah cukup,” kata dia.

Fungsi dari subwoofer untuk menghasilkan dentuman dan membuat atmosfir audio lebih hidup. Citra yang dihasilkan juga tidak menggelegar, melainkan halus dan lebih padat.

Baca juga: Jangan Tergoda Merek Terkenal Saat Modifikasi Audio Mobil

Contoh modifikasi Audio mobil, ada penambahan komponen yang membutuhkan tegangan listrik besarVenom Indonesia Contoh modifikasi Audio mobil, ada penambahan komponen yang membutuhkan tegangan listrik besar

Sedangkan DSP berfungsi untuk membuat suara yang keluar menjadi lebih rapih dan minim distorsi. Menurut Tedy, perbedaan kualitas mobil dengan DSP dan tanpa DSP sangat kentara.

“Suaranya lebih detil, lebih enak pokoknya,” ucap dia.

Biaya yang harus dikeluarkan unbtuk dua komponen ini juga cukup terjangkau, yakni mulai Rp 5 juta sampai Rp 6 juta saja, termasuk jasa pemasangan dan tuning audio mobil.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com