Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Asapi Martin dan Bagnaia di Sprint Race Malaysia

Kompas.com - 11/11/2023, 20:19 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez berhasil meraih kemenangan keduanya untuk sprint race. Kali ini, kemenangannya diraih pada MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, di mana dia berhasil mengasapi Jorge Martin dan Francesco Bagnaia.

Pembalap Tim Gresini Racing yang didukung penuh oleh pelumas Federal Oil ini berhasil meraih posisi start keempat saat sesi kualifikasi. Dia juga melakukan balapan luar biasa dalam kondisi sore yang berawan dan sangat panas.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Malaysia 2023, Alex Marquez Juara

Awal yang baik, strategi yang luar biasa, dan kecepatan balapan yang spektakuler adalah tiga unsur yang memungkinkan Alex tidak hanya menyamai kecepatan Martin dan Bagnaia. Tapi, juga mengalahkan mereka dan unggul di paruh kedua balapan tersebut.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Malaysia 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Malaysia 2023

Berkat motor Ducati Desmosedici GP22 yang mendapat setelan yang tepat dari mekanik, membuat Alex pasti makin nyaman dan melewati batas dengan selisih lebih dari satu detik atas lawan terdekatnya.

“Saya sempat melakukan kesalahan saat melakukan manuver menyalip Pecco, tapi selain itu, balapannya sempurna. Kami menggunakan strategi terbaik: kami menunggu sebentar, juga untuk menjaga tekanan yang tepat pada ban depan. Kemudian, ketika saya melihat Pecco sedikit lebih lambat dari saya, saya menyerang dan hanya berpikir untuk menang," ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Malaysia 2023, Alex Marquez Tercepat

"Saya tidak melihat ke papan sampai lap terakhir, dan kemudian ketika saya melihat selisih +1,2 detik, saya tetap fokus untuk menyelesaikan balapan dengan cara terbaik,” kata Alex.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Malaysia 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Malaysia 2023

Alex sekarang berharap untuk mengulangi performa yang sama untuk balapan utama pada Minggu (12/11/2023). Sirkuit Sepang kebetulan merupakan salah satu trek favoritnya.

Sedangkan Fabio Di Giannantonio, menjalani balapan yang jauh lebih tenang dengan finis posisi ke-13. Penampilannya saat kualifikasi terhambat oleh kecelakaan di tikungan 15.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

Sementara di balapan, dia jelas bukan 'tipe Diggia' yang terlihat di event sebelumnya. Dia akan mencoba menebus kesalahannya besok dengan jarak yang lebih jauh.

“Sejauh ini bukanlah akhir pekan yang mudah. Namun kami perlu bekerja untuk menyelesaikan beberapa hal dan kembali ke level performa yang tepat di balapan hari Minggu," ujar Diggia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com