Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisa Tiga Seri, Gresini Racing Berharap Bisa Tampil Kompetitif

Kompas.com - 01/11/2023, 09:30 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2023 tinggal tersisa tiga musim. Tim satelit Ducati Gresini Racing berharap kedua pebalapnya, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, bisa tampil kompetitif dan mengumpulkan poin penting untuk klasemen.

Pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram, kedua pebalap Gresini Racing sudah tampil cukup kompetitif. Alex sempat bertarung di barisan depan, meskipun kemudian terjatuh.

Baca juga: Kemenparekraf Perpanjang Kerja Sama dengan Gresini Racing hingga 2025

Rekan setimnya yang akrab disapa Diggia, berhasil mengamankan poin penting dengan finis di posisi kesembilan. Hasil positif ini diharapkan bisa diteruskan hingga seri penutup.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

Para pebalap kini akan memaksimalkan waktu rehat selama sepekan untuk bersiap menghadapi lagi triple header penutup musim MotoGP 2023 pada November 2023 mendatang.

Data yang sudah didapatkan dari balapan sebelumnya diharapkan mampu diolah dengan baik oleh para mekanik ahli agar Ducati Desmosedici GP22 tunggangan Alex dan Diggia makin nyaman untuk berkompetisi dengan pebalap lain di tiga seri terakhir.

Baca juga: Alex Marquez Bilang Kakaknya Akan Bahagia di Gresini Racing

Diggia mengakui telah berjuang untuk bisa bertahan dengan kondisi panas Sirkuit Buriram yang berpengaruh terhadap ketahanan fisik.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

“Merupakan balapan yang panas dan sepertinya tidak ada habisnya. Itu sangat sulit, tetapi penting untuk mencapai garis finis dan menampilkan performa yang baik. Kami memiliki kecepatan yang sangat baik, jadi jika kami mulai lebih dekat ke depan, kami bisa bisa berjuang untuk posisi lima atau enam teratas," ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

"Perasaannya sangat bagus, jadi kami akan beristirahat selama beberapa hari dan kemudian kami akan kembali ke mode menyerang untuk tiga event terakhir,” kata Diggia.

Alex mengatakan, dirinya merasa bisa bersaing dengan barisan depan. Tapi, sangat disayangkan, karena dia dan timnya bersemangat di balapan ini dan pantas mendapatkan sesuatu yang lebih.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

"Saya merasa baik-baik saja dan juga merasa lebih cepat daripada pebalap terdepan di bagian trek tempat saya jatuh. Saya masih harus memahami apa yang terjadi, namun saya perlu berterima kasih kepada tim atas kerja bagusnya. Kami memiliki kecepatan dan konsistensi dalam hal hasil, hanya masalah waktu saja,” ujar Alex.

Pada persaingan di klasemen sementara pebalap MotoGP 2023, Diggia kini berada di peringkat ke-12 dengan total 93 poin. Alex bertahan di peringkat ke-11 dengan total 117 poin.

Rommy Averdy Saat, Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, kedua pebalap Gresini Racing sudah menunjukkan talenta terbaiknya di MotoGP Thailand.

"Semoga hasil ini menjadi pelajaran berharga dan kedua pebalap bisa kembali tampil kompetitif di sisa tiga seri terakhir musim 2023,” ujar Rommy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com