Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Sopir Truk Menghemat Konsumsi BBM

Kompas.com - 09/11/2023, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menjalani tugas menjadi sopir truk di Indonesia umumnya jenis upah dibedakan berdasarkan sistem borongan atau bulanan. 

Kendati demikian, menghemat pengeluaran bahan bakar kendaraan (BBM) menjadi hal yang kerap dilakukan oleh sopir truk. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi pemilik perusahaan logistik dan juga sopir. 

Biasanya beberapa perushaan logistik akan memberikan uang sangu atau uang bekal kepada sopir untuk alokasi BBM. 

Romi salah satu sopir truk asal Probolinggo mengatakan, kalau sampai kurang, perusahaan tidak akan memberikan lebih lantara sudah jatahnya setiap sopir mendapatkan uang sangu dengan nominal tersebut. 

Baca juga: Mazda Mau Tambah Diler Awal 2024

"Makanya sopir harus bisa mengatur agar bisa cukup, terutama sopir truk borongan. Tapi kalau misalnya ada sisanya, uang itu bisa buat sopir. Maka dari itu setiap sopir selalu mengusahakan jangan sampai boros dalam penggunaan BBM," kata Romi kepada Kompas.com di Pelabuhan Sunda Kelapa beberapa hari yang lalu.

Romi mengatakan, cara yang paling mudah dilakukan agar tidak boros bahan bakar adalah tidak mengendarai truk dengan kecepatan tinggi. Mengendarai truk dengan kecepatan yang stabil justru akan membuat BBM lebih irit. 

Truk di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta UtaraKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Truk di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara

" Saat mengemudi harus bisa sesuaikan gigi dengan momentum di jalan, misalnya pakai gigi rendah untuk nanjak dan gigi tinggi di jalan tol. Lalu saat injak rem dan gas perlahan saja dan jangan lakukan rem mendadak. Cara ini akan membuat BBM truk lebih irit dan lebih aman selama berkendara, " kata Romi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com