Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lombardi, Spesialis Interior Mewah Andalan Mercedes-Benz dan Hyundai

Kompas.com - 03/11/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal mobil dengan kabin yang mewah, harus kenal dengan spesialis interior Lombardi yang berbasis di Jakarta.

Sekarang, Lombardi sudah punya banyak lini produk, dari Toyota Alphard dan Vellfire, Mercedes Benz V-Class dan Vito, sampai paling terakhir menyediakan opsi buat Hyundai Staria.

Perjalanan Lombardi sebenarnya dimulai pada 2015, saat itu masih dalam tahap mengembangkan interior yang mewah. Lombardi mengerjakan semuanya sendiri di workshop yang berada di daerah Jakarta Utara.

Baca juga: Hyundai Staria Tampil Lebih Mewah di GIIAS 2023

Booth Lombardi Auto Indonesia yang dibuka selama penyelenggaraan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, JIExpo, Kemayoran, Jakarta.Kompas.com/Alsadad Rudi Booth Lombardi Auto Indonesia yang dibuka selama penyelenggaraan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Andrew Laksana, President Director PT Lombardi Auto Indonesia bercerita kepada redaksi Kompas.com. Pada 2015, semuanya dimulai, bermodalkan Toyota Alphard yang kabinnya diubah total jadi super mewah dan private.

"Pertama develop 2015, Alphard waktu itu, 2016 baru jadi produk pertama. Baru mulai jualan itu di 2017. Jadi dari awal banyaknya develop, bikin sendiri semua, Alphard captain 2 seater Allegra," kata Andrew kepada Kompas.com belum lama ini.

Hasil buatannya menarik perhatian Ivans Motor dan dia bersedia buat jadi distributor. Cuma kerja sama itu berlangsung hanya satu tahun, di 2018 Lombardi independen, jualan sendiri produknya.

Baca juga: Baru Meluncur, Burgman Street 125 EX Jadi Motor Terlaris Suzuki


"Baru di 2018, semenjak ada Alphard facelift yang transformer, Lombardi jalan sendiri. Di 2018 juga ikut IIMS dan GIIAS, kita pajang waktu itu yang punya Raffi Ahmad," kata Andrew.

Pada pameran tersebut, ada dua Alphard yang dipamerkan. Satu pakai opsi RSE atau Rear Seat Entertainment 7-seater dan satu lagi yang model 2-seater super mewah.

Semenjak itu, Lombardi sering berbicara dengan Mercedes Benz atau Mercy. Bermula dari lihat produk dan mencoba langsung, pihak Mercy merasa cocok dan melakukan kerja sama di 2019.

Lombardi Staria IIMS 2023SUZUKI Lombardi Staria IIMS 2023

"Jadi Mercy masukin Vito ke sini kosong (interiornya), kita ngobrol-ngobrol. Proyeknya waktu itu buat mobil yang harganya enggak jauh dari Alphard, basisnya Vito. itu 2019 sampai 2020 masih jalan," kata Andrew.

Kemudian di 2021, ada V-Class dan Vito dan sekarang sisa V-Class saja. Awalnya, Lombardi jadi opsi yang ditawarkan buat konsumen, tapi seiring berjalannya waktu, Lombardi jadi yang membuat semua interior V-Class yang terjual di Indonesia.

"Kita bikin Easy Access, basisnya V250 Avantgarde. Easy Access ini orang bisa masuk ke baris ketiga lewat sela-sela captain seat. Bangku tengah dibuat elektrik, ditambah ada entertainment berupa head rest monitor dan meja," kata Andrew.

Bukan cuma dengan Mercy, Lombardi akhir-akhir ini juga kerja sama dengan Hyundai, membuat opsi lebih mewah buat Staria. Memakai basis yang 9-seater, interior Staria diubah jadi super mewah, ada yang pakai sekat atau tanpa sekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com