Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Maling Ban Serep Mobil, Hilang Hitungan Detik

Kompas.com - 01/11/2023, 12:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sebagian mobil, lokasi penyimpanan ban serep ada yang ditempatkan di kolong, seperti Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Ternyata, ada saja penjahat yang niat untuk mencurinya.

Belum lama ini, video viral di media sosial memperlihatkan seorang maling yang mengambil ban serep tersebut. Salah satunya diunggah oleh akun @lowslow.indonesia.

Baca juga: Aksi Pengemudi Mobil Hindari Ban Serep yang Lepas di Jalan Tol

Pada video yang direkam dari CCTV tersebut, tidak terlalu jelas jenis mobilnya apakah Sigra atau Calya. Tapi, sang pelaku dengan mudah dan cepatnya mengambil ban serep yang ada di kolong mobil.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

"Hanya hitungan detik, seorang pria berhasil mencuri ban serep mobil di Kp Buaran Gowok samping kali, Cakung Timur, Jakarta Timur (Sabtu 29/10/2023)," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Untuk diketahui, posisi ban serep yang ada di kolong mobil ditahan oleh besi penyangga. Besi penyangga tersebut dikaitkan dengan baut pengunci yang hanya bisa diputar jika pintu belakang dibuka.

Baca juga: Saat Kondisi Darurat, Bolehkah Pakai Ban Serep untuk Perjalanan Jauh?

Saat dikonfirmasi, pihak Daihatsu mengaku membutuhkan penelusuran lebih lanjut sebelum memberikan analisis lebih jauh mengenai pencurian ban serep tersebut.

Ban serep dengan posisi di kolong mobilKompas.com/Donny Ban serep dengan posisi di kolong mobil

"Kalau sudah mengunci, ban tidak bisa bergerak. Kalau soal video tersebut, perlu ditelusuri lebih lanjut," ujar pernyataan dari Tim Teknis Daihatsu, kepada Kompas.com, Selasa (31/10/2023).

Beberapa warganet berpendapat bahwa besi penyangga ban serep terlalu mudah untuk dibengkokkan. Sehingga, meskipun kondisi ban terkunci, ban akan tetap mudah untuk diambil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com