Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Pindah Semusim ke Gresini, Kemudian Geser ke KTM

Kompas.com - 05/10/2023, 10:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez resmi merapat ke tim satelit Ducati, Gresini Racing, sesaat setelah mengumumkan perpisahannya dengan Repsol Honda pada Rabu (4/10/2023) malam.

Maka pada MotoGP 2024 mendatang, pebalap berjuluk 'The Baby Alien' itu tidak akan lagi berseragam Honda dan mengendarai RC213V, melainkan Desmosedici.

Atas kepindahannya ini, Mantan Direktur Olahraga LCR Honda Oscar Haro ikut bersuara memberikan komentarnya. Menurut dia, keputusan tersebut merupakan kesalahan bagi Ducati.

Baca juga: Marc Marquez Resmi Cerai dengan Repsol Honda

Marc Marqueztwitter.com/HRC_MotoGP Marc Marquez

“Gigi (Dall'Igna) sudah menegaskan bahwa Marc akan meninggalkan Honda dan dia pasti akan bergabung dengan tim Gresini. Akan ada sedikit krisis di dalam Ducati dengan seseorang seperti Marquez," kata Oscar dikutip Motosan, Rabu.

“Saya pikir jika seseorang seperti Marquez datang ke Ducati sendirian selama satu musim, bagi saya itu adalah sebuah kesalahan. Dalam artian, pada 2025 dia akan pergi ke KTM. Saya pikir putusan tersebut adalah suatu kesalahan,” tambahnya.

Sebab, dengan hanya berlabuh untuk satu musim saja, Marquez dan tim teknisinya hanya bisa melakukan sedikit kegilaan di dalam Ducati, seperti misalnya mengumpulkan begitu banyak informasi lalu pergi ke tim lain di musim berikutnya.

Baca juga: Marc Marquez Tinggalkan Honda, Bergabung ke Gresini Racing

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023Dok. @hrc_motogp Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023

“Jika Marc bergabung dengan Ducati selama dua atau tiga tahun dalam sebuah proyek yang berjalan dengan baik, maka merupakan hal yang cerdas untuk memilikinya. Tetapi, jika dia hanya bertahan satu tahun, maka tidak akan mudah bagi Ducati," ucap Oscar.

"Bahkan langkah ini tak terlihat cerdas untuk dilakukan karena biaya yang dikeluarkan sangat besar," lanjut dia.

Diberitakan sebelumya, Marquez dan Honda Racing Corporation sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih cepat, tepatnya usai musim kejuaraan 2023. Hal ini diumumkan melalui website resmi Honda Racing Corporation pada Rabu.

Baca juga: Hati-hati, Masih Ada Pengerjaan di Ruas Tol Jakarta-Cikampek


“Dengan satu tahun tersisa dari kontrak empat tahun antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka setelah selesainya musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023. Kedua belah pihak sepakat bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik untuk mengejar jalan lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target masing-masing,” tulis keterangan tersebut.

Melanjuti keputusannya itu, Marquez akhirnya memilih Gresini Racing untuk berlaga di musim depan. Namun kepindahannya tersebut belum diumumkan secara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com