Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan dengan Nissan Hyper Force di JMS 2023

Kompas.com - 31/10/2023, 12:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Motor Co. Ltd menjadi salah satu pabrikan otomotif yang turut meramaikan ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023, di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, hingga 5 November mendatang.

Nissan menampilkan lima mobil konsep, salah satu yang begitu menarik perhatian adalah Nissan Hyper Force.

Presiden dan CEO Nissan Makoto Uchida mengatakan, kelima mobil konsep bertenaga listrik yang ditampilkan merupakan simbol dari masa depan Nissan.

Baca juga: Selain Pasar Lokal, Motor Listrik Charged Juga Dikirim ke Negara Tetangga

“Semua EV ini menjadi simbol dari masa depan kami untuk menciptakan dunia yang lebih bersih, aman, dan inklusif untuk setiap orang tanpa mengkompromikan gairah dan mimpi. Melalui inovasi, Nissan sedang membuat masa depan di mana semua bisa menikmati keseruan mobilitas,” ucap Uchida, dikutip dari keterangan resmi, Selasa (31/10/2023).

Bicara soal Nissan Hyper Force, mobil konsep ini dirancang untuk penyuka balapan dan gamer yang ingin merasakan adrenalin dari sirkuit balap, namun tetap mengutamakan kebersihan lingkungan.

Ini merupakan supercar listrik performa tinggi yang diciptakan untuk memberikan kenikmatan berkendara terbaik dan juga menawarkan performa lingkungan yang tinggi serta kenyamanan untuk pemakaian harian.

Mobil konsep Nissan Hyper Force di Japan Mobility Show 2023TORU HANAI Mobil konsep Nissan Hyper Force di Japan Mobility Show 2023

Di dalamnya terdapat sistem penggerak listrik bertenaga tinggi dengan keseimbangan berat optimal. Baterai all-solid-state mampu menghasilkan tenaga hingga 1,000 kW dengan akselerasi cepat dan presisi.

Mobil ini juga bisa menghasilkan downforce yang kuat berkat kendali Nissan e-4ORCE, ditambah bodi ringan dari karbon memberikan pengendalian yang lebih baik saat menikung di sirkuit maupun di jalan berliku.

Bahas desain eksteriornya, mobil ini memiliki proporsinya yang lebar dengan lekukan tajam yang merefleksikan performa di dalamnya.

Elemen-elemen yang mengingatkan terhadap mobil performa tinggi Nissan, seperti lampu depan dan belakang, juga disematkan dalam desainnya.

Eksteriornya menghasilkan performa aerodinamis tinggi yang telah dikembangkan bersama dengan tim balap Nismo, sehingga mampu mencapai downforce kuat.

Struktur aerodinamis dua tingkat di bawah kap depan memberikan downforce yang kuat serta performa pendinginan yang tinggi. Kemudian, diffuser belakang dual-level mampu mengendalikan aliran udara secara optimal.

Canard dan fender depan serta kedua ujung dari sayap belakang menghasilkan fungsionalitas aero aktif yang unik, sedangkan aktuator plasma yang baru dikembangkan menekan air detachment untuk memaksimalkan cengkeraman dan mengurangi lift roda dalam ketika menikung.

Roda karbon pada mobil ini juga membantu aerodinamika serta pendinginan rem.

Nissan Hyper ForceNissan Nissan Hyper Force

Mobil konsep ini memiliki dua mode berkendara, “R” (racing) dan “GT” (grand touring).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com