Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geber PCX 160 Rute Malang-Bromo, Konsumsi BBM Tembus 46 Kpl

Kompas.com - 30/10/2023, 17:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Bersamaan dengan ajang Honda Bikers Day (HBD) 2023, Kompas.com berkesempatan menjajal Honda PCX 160. Meskipun telah meluncur sejak 2021, namun impresi berkendara skutik gambot ini masih bikin penasaran banyak orang.

Terutama ketika dipakai untuk perjalanan antar-kota, seperti yang kami rasakan saat touring dari Kota Malang menuju kawasan Pegunungan Bromo di Jawa Timur pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Perjalanan dimulai dari Harris Hotel di daerah Polowijen sekitar pukul 09.00 WIB. Kali ini, kami melewati Jalan Raya Malang-Gempol yang terbilang ramai lancar pada Sabtu pagi.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 50 Jutaan, Ada Daihatsu Xenia sampai Panther

Honda PCX 160Kompas.com/Donny Honda PCX 160

Impresi PCX 160 terasa saat dibawa berkendara di tengah kepadatan lalu lintas. Menyalip di antara kendaraan terasa mudah saja menggunakan skutik berkapasitas murni 156,9 cc dengan tenaga 16 PS atau setara 14 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Beberapa kali melewati speed trap dan lapisan aspal yang jelek, untuk mengetahui bantingan suspensi dari motor ini. Bantingan rupanya terasa agak keras, apalagi joknya juga terbilang kaku.

Dari lokasi start, perjalanan dilanjut menuju Singasari, Lawang, hingga Pertigaan Jalan Nongkojajar dekat Polsek Purwodadi di Pasuruan, atau tepat sebelum Kebun Raya Purwodadi.

Baca juga: Tips Hilangkan Ngelitik Mesin Mobil Tanpa ke Bengkel

Di lokasi ini, jalanan mulai berkelok-kelok dengan kombinasi jalan aspal mulus. Perlahan-lahan elevasi pun semakin tinggi. Bahkan pengendara bisa melihat pemandangan Kota Malang dari kejauhan.

Rute menuju kawasan Bromo via Nongkojajar memang bakal memancing sejumlah pengendara untuk melakukan cornering, apalagi tikungan seperti tiada habisnya.

Bantingan yang tadi terasa agak keras, kini berbuah manis karena motor bisa lebih stabil saat bermanuver.

Baca juga: Siap-siap, Pengguna Pelat Nomor Palsu Bisa Kena Tilang Elektronik

Test ride Honda PCX 160 pada rute Malang-BromoDok. AHM Test ride Honda PCX 160 pada rute Malang-Bromo

Namun pengendara tetap harus waspada, terutama dengan kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

PCX 160 terbilang cocok dikendarai pada rute ini. Posisi setang yang cukup, tidak rendah dan tidak tinggi, membuat tangan tidak mudah lelah. Terlebih posisi kaki yang bisa selonjor lurus ke depan, bikin lebih nyaman buat perjalanan jauh.

Sampai di daerah Pasar Besar Nongkojajar, perjalanan tidak langsung ke arah Bromo, tapi belok kanan menuju Jalan Raya Jabung.

Baca juga: Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Matik Setiap Hari?

Perjalanan touring dari Malang menuju Bromo via Nongkojajar, Jalan Raya Jabung, lalu menuju Jalan Gubug Klakah, sampai tiba di Bromo Hilldside memakan waktu kurang lebih 3 jam.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Perjalanan touring dari Malang menuju Bromo via Nongkojajar, Jalan Raya Jabung, lalu menuju Jalan Gubug Klakah, sampai tiba di Bromo Hilldside memakan waktu kurang lebih 3 jam.

Bahkan ada satu titik di mana terdapat tanjakan panjang, yang dilanjutkan dengan tikungan patah di ujungnya, lalu langsung turun ke bawah.

Setelah tantangan tersebut, rombongan istirahat sejenak usai berkendara kurang lebih selama 1 jam. Selain berguna untuk memulihkan tenaga, istirahat juga diperlukan buat mendinginkan rem.

Beruntung rem PCX 160 terbilang empuk di depan dan belakang. Selain itu, juga terasa cukup pakem saat dipakai di rute pegunungan. Proses pengereman semakin aman karena motor ini telah dilengkapi fitur ABS pada roda depan.

Baca juga: Fatalnya Abaikan Pergantian Minyak Rem Mobil

Ilustrasi rombongan touring Honda Bikers Day (HBD) 2023.Dok. AHM Ilustrasi rombongan touring Honda Bikers Day (HBD) 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com