Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Biaya Perbaikan Modul ABS Ford Fiesta kalau Rusak

Kompas.com - 30/10/2023, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tertarik meminang Ford Fiesta bekas, pahami apa saja potensi penyakitnya. Pastikan bagian pengeremannya sehat sebab salah satu masalah pada mobil asal Amerika Serikat itu ialah modul ABS.

Ferry Bontot, pemilik bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, mengatakan, untuk modul ABS saat ini yang datang ke bengkel dan kemudian bermasalah disebabkan karena usia komponen.

Baca juga: Menuju Era EV, Industri Komponen Harus Tingkatkan Daya Saing

"Sudah mulai banyak (ditemukan masalah) karena usia komponen. Soalnya di tipe lain tidak bermasalah untuk modul ABS," ujar Ferry yang ditemui Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Ford Fiesta di bursa mobil bekas MGK Kemayoran.Febri Ardani/Otomania.com Ford Fiesta di bursa mobil bekas MGK Kemayoran.

Ferry mengatakan, bila terpaksa ganti maka harga modul ABS untuk Fiesta tidak murah. Namun kalau merasa terlalu mahal pada dasarnya masih bisa diakali alias diperbaiki.

"Modul ABS beda-beda, kalau mesin 1.500cc itu sekitar Rp 14 jutaan, dan 1.600cc itu RP 20 juta, kalau Fiesta 1.000cc (EcoBoost) saya belum tahu karena belum pernah menangani," katanya.

"Cuma biasanya repair (diperbaiki), repair kurang lebih Rp 5 juta sudah termasuk semua," ujar Ferry.

Baca juga: Mesin Tiba-tiba Ngelitik, Bisa Jadi Gejala Overheat

Ford Fiesta Community (INFINITY)MGK Ford Fiesta Community (INFINITY)

Ferry yang mantan teknisi diler resmi Ford di era Ford Motor Indonesia (FMI) itu menganalisis mengapa umur modul ABS di Fiesta tidak setangguh model lain.

"Mungkin karena ada penambahan fitur di modul ABS itu sendiri. Karena di fitur itu ada fitur traction control di situ, hill assist di situ jadi satu dengan modul ABS," ujar Ferry.

"Jadi begini menurut saya satu modul difungsikan untuk banyak macam itu biasanya cepat rusak. Kalau dulu kan seperti Everest, Ranger tipe lama, Escape, itu modul ABS cuma untuk modul ABS saja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com