Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaikan Modul TCM Ford Fiesta

Kompas.com - 29/10/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan yang masih modern dan harga terjangkau, membuat Ford Fiesta jadi pilihan menarik di segmen mobil bekas.

Berdasarakan pantauan redaksi, banderol bekas untuk Ford Fiesta saat ini berkisar Rp 80 juta-Rp 100 jutaan.

Namun demikian, bagi tertarik meminang Fiesta, Ferry Bontot, pemilik bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan mengatakan, perhatikan betul transmisi matik dual clutch dan modul TCM (transmission control module).

Baca juga: Alex Marquez Amankan Poin Penting di Sprint Race MotoGP Thailand 2023

Ferry mengatakan, estimasi jika ganti transmisi matik dual clutch antara Rp 24 juta- Rp 25 juta. Sedangkan untuk modul TCM bisa setengahnya.

transmission control module FiestaStanly/Otomania transmission control module Fiesta

"Modul TCM sekitar 12 juta, itu baru matik dan modul TCM," ujar Ferry kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Sebetulnya adalagi motor aquator bagian dari matik, cuma posisinya di luar dan lebih awet dibading matik jadi jarang ganti. Cuma kalau itu kena satunya Rp 8 juta, dan Fiesta butuh dua atas bawah," katanya.

Secara ringkas Ferry menjelaskan, TCM umumnya menggunakan sensor dan data yang diambil dari ECU.

TCM berfungsi untuk menghitung kapan dan bagaimana transmisi matik harus mengganti gigi untuk mendapat performa optimal.

- -

Ferry mengatakan, permasalahan pada modul TCM di Fiesta terjadi karena usia pakai. Kemudian biasanya masalah seperti itu tidak bisa digeneralisasi karena tiap mobil bisa jadi punya permasalahan berbeda.

Baca juga: Live Sprint Race MotoGP Thailand 2023: Marquez Buktikan Masih Agresif

"Lebih tepatnya sebetulnya usia pakai, kadang tiap mobil beda-beda. Sesama Everest saja beda-beda, ada yang injektornya mulai lemah tapi di mobil satunya belum," kata Ferry.

"Kalau di Fiesta kita modul ABS, kemudian masalah matik dan TCM atau modulnya. Sebetulnya masalah usia komponen cuma dia lebih cepat (aus) dibanding (model Ford lain) keluaran lama, seperti Escape atau Ranger yang TDI atau TDCI," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com