Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Garuda Rilis 4 Unit Bus Baru Pakai Jetbus 5

Kompas.com - 29/10/2023, 07:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Garuda Mas resmi merilis 4 unit bus baru rakitan Karoseri Adiputro. Sebelumnya, bocoran kabar tentang calon unit bus baru ini telah beredar di media sosial. 

Sesuai dengan bocoran foto yang tersebar, bus baru PO Garuda Mas  menggunakan bodi Jetbus 5 SHD atau Super High Decker. Bodi bus Jetbus 5 sendiri merupakan produk anyar dari Karoseri Adiputro.

Secara spesifikasi, bodi bus Jetbus 5 SHD punya panjang 12000 mm, lebar 2500 mm dan tinggi 3850 mm.

Bus ini tampil dengan model double glass yang mana kini punya ukuran bando lebih tipis dari Jetbus generasi sebelumnya. Kemudian, keunggulan dari bodi bus ini punya kapasitas bagasi yang luas. 

Baca juga: Atraksi ‘Bola Setan’ Pakai Motor Listrik di IMOS 2023

Visual eksterior bus tidak melakukan ubahan yang signifikan dibandingkan dengan unit PO Garuda Mas generasi sebelumnya.

Bus tetap tampil dengan kelir putih yang mendominasi dan dipercantik dengan sentuhan biru toska pada livery dan juga ornamen pelengkap.

Bus baru PO Garuda Jetbus 5Instagram @garasi_bus_adiputro Bus baru PO Garuda Jetbus 5

Kemudian, ciri khas yang tidak hilang adalah gambar burung garuda berukuran besar yang menghiasi bodi samping bus. Namun bus jadi terlihat lebih modern dengan balutan desain Jetbus 5.

Adapun untuk desain bagian kabin bus tampil elegan dan mewah lantaran dilengkapi dengan berbagai fitur pelengkap keamanan dan kenyamanan penumpang. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Garasi Bus Adiputro (@garasi_bus_adiputro)

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Thailand 2023, Marc Marquez Keempat

Kursi penumpang hadir dengan konfigurasi 2-2 buatan Alldila seat. Kemudian, kabin bus juga terdapat sekat pemisah antara ruang sopir dan ruang penumpang.

Bus juga dilengkapi dengan dua unit TV yang di tempel pada bagian sekat pemisah, serta satu unit TV di area tengah-tengah kabin bus. 

Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan toilet pada area belakang bus. Sementara itu, untuk dapur pacu bus ditopang oleh sasis Hino RM 280 ABS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com