Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumpa Daihatsu Copen Concept Bermesin 1.300 cc

Kompas.com - 25/10/2023, 16:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Daihatsu Motor Co., Ltd jadi salah satu pabrikan yang turut memamerkan kendaraannya di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023.

Dalam pameran otomotif yang digelar di Tokyo Big Sight pada 25 Oktober-5 November 2023 ini, Daihatsu membawa lima mobil konsep. Salah satunya adalah Copen.

Sebagai informasi Copen merupakan kei car yang melakukan debut konsepnya di ajang Tokyo Motor Show pada 1999. Mobil mungil dua pintu ini juga sempat dipasarkan di Indonesia pada 2015.

Baca juga: PO Putra Simas Luncurkan Bus Baru Rakitan Karoseri Laksana

“Untuk Copen, mobil ini didesain untuk kita mencapai enjoy dan fun atau pengalaman berkendara yang menyenangkan,” ucap Takao Kunita, Chief Coordinator, Marketing, Sales & Promotion Dept ECC Group, di Tokyo Big Sight, Rabu (25/10/2023).

Takao melanjutkan, Copen yang dihadirkan kali ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Dimensinya dibuat lebih panjang dan lebar serta kapasitas mesin yang lebih besar.

“Ini menggunakan mesin lebih besar 1.300 cc turbo. Kemudian untuk yang dulu menggunakan roda depan, nanti (yang baru) dibuat dengan penggerak roda belakang,” kata Takao.

Test drive Daihatsu Copen di Fuji Speedway Test drive Daihatsu Copen di Fuji Speedway

Untuk diketahui, Daihatsu Copen generasi pertama diluncurkan pada 2002. Mobil ini mengusung mesin berkapasitas 660 cc dengan penggerak roda depan.

Generasi pertama Copen yang disebut L880 juga mendapat sejumlah pengembangan. Dari atap yang bisa dibuka sekaligus di lepas, hingga mesin non turbo 1.300 cc.

Baca juga: Savart, Merek Motor Listrik Baru Asal Indonesia Meluncur di IMOS 2023

Kemudian, untuk generasi kedua bernama LA400 dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show 2023. Ciri khasnya adalah sasis berbasis monokok.

Generasi Copen inilah yang dijual di Indonesia pada 2015 sampai 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com