Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Tabrak Mobil Listrik MG4 EV Raih ANCAP Bintang Lima

Kompas.com - 04/08/2023, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garages (MG) menawarkan keamanan yang tinggi pada mobil listrik buatannya. Hasil tes tabrak yang dilakukan oleh Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) di Australia dan Selandia Baru, menunjukkan MG4 EV sangat aman.

Meskipun skor MG 4 baru akan dipublikasikan di Australia pada tahun 2023, mobil listrik ini sebelumnya telah diuji di Eropa tahun lalu. Masih menggunakan protokol pengujian ANCAP dan organisasi sejenis Euro NCAP 2020-22 yang digantikan oleh standar yang lebih ketat tahun ini.

Baca juga: Teaser Mobil Listrik Konsep EX4, Pakai Basis MG4 EV XPower

Hasil lima bintang ini adalah yang pertama untuk MG di bawah standar 2020-2022. Sebab, model terakhir MG yang dianugerahi peringkat ANCAP lima bintang adalah MG HS bertenaga bensin pada 2019.

Tes tabrak ANCAP untuk MG4 EVDok. Ancap.com.au Tes tabrak ANCAP untuk MG4 EV

Rekor ini juga menandai kedua kalinya kendaraan listrik MG mendapatkan lima bintang dari ANCAP. Mobil listrik ZS EV juga sebelumnya sudah mendapatkan nilai tertinggi saat diuji dengan kriteria yang tidak terlalu ketat pada tahun 2019.

MG4 EV mendapatkan nilai 83 persen untuk Perlindungan Penumpang Dewasa, 86 persen untuk Perlindungan Penumpang Anak, 75 persen untuk Perlindungan Pengguna Jalan yang Rentan (pejalan kaki dan pengendara sepeda), dan 81 persen untuk teknologi Bantuan Keselamatan.

Baca juga: Ada 2 Tipe, Ini Harga Resmi Mobil Listrik MG4 EV

Menurut ANCAP, MG4 EV memiliki kinerja baik di seluruh tes Perlindungan Penumpang Anak. Mobil listrik ini mendapatkan nilai penuh untuk tabrakan samping. Nilai tinggi didapat juga dari kriteria tabrakan depan dan pemasangan penahan.

Tes tabrak ANCAP untuk MG4 EVDok. Ancap.com.au Tes tabrak ANCAP untuk MG4 EV

Mobil listrik ini juga mendapat nilai bagus untuk Perlindungan Penumpang Dewasa, dengan nilai sempurna untuk uji tabrakan samping, tiang miring, dan penyelamatan dan ekstraksi.

Meskipun, nilainya buruk untuk tabrakan dari jarak jauh karena tidak adanya airbag di bagian tengah yang dapat mengurangi risiko kepala penumpang di kursi depan terbentur saat terjadi tabrakan.

ANCAP mencatat bahwa MG4 EV membukukan hasil yang kuat untuk sebagian besar sistem bantuan keselamatannya, seperti pengingat sabuk pengaman, pemantauan pengemudi, dan Automatic Emergency Brake di persimpangan.

Harga mobil listrik MG4 EV resmi diumumkan, banderol mulai Rp 649,9 juta (OTR Jakarta).KOMPAS.com/ Donny Dwisatryo Priyantoro Harga mobil listrik MG4 EV resmi diumumkan, banderol mulai Rp 649,9 juta (OTR Jakarta).

Selain itu, semua fitur lainnya juga mendapat nilai bagus. Secara keseluruhan, MG4 EV mendapatkan hasil yang positif dari tes tabrak ANCAP ini.

MG4 EV juga dipasarkan di Tanah Air oleh MG Motor Indonesia. Mobil listrik ini hadir dengan dua tipe dan dibanderol mulai Rp 649,9 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Ignite. Sementara untuk tipe Magnify iSmart, harganya Rp 699,9 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com