Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner Yakin Marquez Masih Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP Bareng Honda

Kompas.com - 23/10/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez resmi akan meninggalkan Honda pada akhir musim ini. Padahal, Casey Stoner cukup yakin bahwa Marquez masih bisa meraih gelar juara dunia MotoGP bersama pabrikan Jepang tersebut.

Saat ini, Honda terlihat tidak begitu kompetitif dibandingkan dengan rival-rival dari pabrikan Eropa. Faktor itu juga yang menjadi salah satu alasan Marquez untuk pindah ke tim satelit Ducati, yakni Gresini Racing.

Baca juga: Ducati Akhirnya Mengaku Sudah Tertarik Rekrut Marc Marquez sejak Dulu

Stoner mengatakan, mudah untuk melihat dari luar dan mengatakan bahwa tim tersebut tidak melakukan pekerjaannya dengan baik. Tapi, menurut Stoner, sebenarnya bukan karena timnya.

Pebalap Australia, Casey Stoner memperhatikan motor RC213V saat uji coba bersama Honda.MOTOGP.COM Pebalap Australia, Casey Stoner memperhatikan motor RC213V saat uji coba bersama Honda.

"Jauh daripada itu, kita tidak tahu seberapa besar usaha yang mereka berikan ke balap. Saya tahu ada beberapa perubahan posisi di Jepang dan itu sepertinya memengaruhi tim," ujar Stoner, dikutip dari Crash.net, Minggu (22/10/2023).

Stoner menambahkan, Honda dan Yamaha saat ini seperti tertinggal dua langkah dari pabrikan Eropa. Marquez juga akan memberikan dirinya kesempatan, apakah dirinya yang tidak kompetitif atau motornya.

Baca juga: Marquez Ungkap Spek Motor Ducati yang Ditunggangi Musim Depan

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengikuti sesi konferensi pers jelang balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (12/10/2023). MotoGP seri ke-16 di Mandalika diikuti 22 pembalap dari 11 tim berlangsung 13-15 Oktober 2023. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/YUWAHYU PUTRO A/ANTARA FOTO Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengikuti sesi konferensi pers jelang balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (12/10/2023). MotoGP seri ke-16 di Mandalika diikuti 22 pembalap dari 11 tim berlangsung 13-15 Oktober 2023. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/YU

"Saya masih berpikir bahwa dia mungkin masih bisa memenangkan kejuaraan dengan Honda, selama dia melakukan hal yang benar. Kita lihat Alex Rins menang di Austin, dia mendominasi balapan tersebut. Motor tidak akan berubah dari pemenang menjadi tidak kompetitif secara masif," kata Stoner.

Menurut Stoner, RC213V tidak terlalu buruk. Jika motor tersebut bisa menang di salah satu seri, maka seharusnya tidak akan berada di luar sepuluh besar pada beberapa seri terakhir ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com