Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Fitur Kamera 360 di Mobil

Kompas.com - 16/10/2023, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur pengawas sekeliling kendaraan atau yang disebut kamera 360, biasa disematkan pada produk kendaraan premium atau menengah ke atas.

Namun, belakangan ini, fitur tersebut bisa dipasangkan di mobil lawas sekali pun sebagai aksesori tambahan.

Hendra Budiman, pemilik workshop Automania yang berlokasi di Ruko Mega Grosir Cempaka Mas, Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan, kamera 360 sudah bisa dipasang pada mobil lawas sekalipun.

Ada baiknya mobil tersebut sudah didukung dengan head unit yang memiliki resolusi gambar HD.

Baca juga: Mau Pasang Kamera 360 di Mobil, Harga Mulai Rp 3,5 Juta

“Sebetulnya untuk head unit bawaan juga bisa, cuma terkadang head unit tersebut tidak support kalau di pasang kamera 360 yang high end atau resolusinya HD, sehingga hasil gambarnya akan pecah,” ucap Hendra, kepada Kompas.com, Minggu (15/10/2023).

Hendra memberi contoh mobil Toyota Innova Zenix yang masih menggunakan head unit dengan resolusi 480p, sedangkan kamera 360 Enigma 3D memiliki resolusi 1080p.

Innova Zenix V BensinKOMPAS.com/Adityo Wisnu Innova Zenix V Bensin

“Innova Zenix head unit standar, resolusinya masih 480p, sedangkan kamera 360 Enigma 3D Pro resolusinya 1080p. Jadi hasil gambarnya tidak maksimal, karena resolusinya head unit bawaannya masih rendah, ucap Hendra.

Selain itu, Hendra mengingatkan bagi pemilik kendaraan yang ingin memasang kamera 360 di mobil sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang sudah berpengalaman, untuk menghindari kerugian di lain hari.

Baca juga: Motor Pakai BBM Euro 4 Bisa Tekan Emisi Gas Buang 40 Persen

“(Pemasangan) Kelistrikan socket to socket, ada potong sambung kabel sedikit di bagian spion. Untuk kamera 360 itu paling penting bukan di produknya saja, tapi skill pemasangan juga harus diperhitungkan. Artinya, jangan pasang sembarangan, karena ada sesi kalibrasi supaya hasil kamera 360-nya presisi,” kata Hendra.

Soal biaya, untuk pemasangan kamera 360 di Automania membutuhkan kisaran biaya Rp 3,5 sampai 7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com