Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut Fadillah Arbi Jadi Pebalap Wildcard untuk Moto3 Mandalika 2023

Kompas.com - 10/10/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi tuan rumah, Indonesia memiliki kesempatan untuk menurunkan salah satu pebalap kebanggaan sebagai wildcard. Fadillah Arbi Aditama dari Astra Honda Racing Team (AHRT) mendapatkan kesempatan tersebut.

Arbi akan menjadi pebalap Indonesia pertama yang mendapatkan kesempatan wildcard di seri MotoGP Mandalika kelas Moto3. Balapan akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok.

Baca juga: Tiket MotoGP Mandalika Masih Tersedia, Harga mulai Rp 250.000

Pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah, binaan Astra Honda Racing School (AHRS) ini akan memiliki rekan setim Maryo Suryo Aki, yang juga menjadi alumnus AHRS. Mario Aji telah menjadi pebalap regular di kelas Moto3 sejak 2022 di bawah naungan Honda Team Asia.

Fadillah Arbi Aditama akan bersaing di FIM Moto3 Junior World Championship musim 2022.Foto: AHM Fadillah Arbi Aditama akan bersaing di FIM Moto3 Junior World Championship musim 2022.

“Saya sangat antusias dengan kesempatan balapan di kejuaraan dunia GP Mandalika. Meskipun ini pengalaman pertama, saya akan berusaha untuk menunjukan potensi terbaik saya, terlebih lagi saya disemangati dan disaksikan langsung oleh masyakarat Indonesia," ujar Arbi dalam keterangan resminya.

Arbi yang saat ini bersaing di FIM JuniorGP merupakan jebolan Astra Honda Racing School tahun 2019. Menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM),

Baca juga: Alami Cedera, Bezzecchi Terancam Absen di Mandalika

Arbi memulai karier balap internasionalnya di ajang Asia Talent Cup pada musim 2021 saat berusia 15 tahun. Sekarang, dia bersaing di JuniorGP.

Fadillah Arbi Aditama yang membela tim Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil meraih kemenangan pada seri kelima JuniorGP di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/7/2023). Fadillah menjadi pebalap pertama Indonesia yang mampu memenangi balapan JuniorGP. (Sumber foto tangkapan layar Twitter Junior Talent Team)Twitter.com/JrTalentTeam Fadillah Arbi Aditama yang membela tim Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil meraih kemenangan pada seri kelima JuniorGP di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/7/2023). Fadillah menjadi pebalap pertama Indonesia yang mampu memenangi balapan JuniorGP. (Sumber foto tangkapan layar Twitter Junior Talent Team)

Pada Juli 2023, Arbi berhasil mencatat sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang mengumandangkan "Indonesia Raya" dengan meraih podium tertinggi di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Untuk diketahui, AHRS sudah menghasilkan banyak pebalap yang mendapatkan kesempatan balapan di kelas Moto2 dan Moto3, seperti Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang, Gerry Salim, dan Mario Aji. Saat ini, alumnus AHRS lainnya pun tengah berjuang di ajang kompetisi bergengsi yang berbeda, seperti Asia Talent Cup dan Asia Road Racing Championship.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com