BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

Wuling New Almaz RS Resmi Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

Kompas.com - 07/10/2023, 16:07 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dua flagship sport utility vehicle (SUV) berwarna hitam dan putih tampak tangguh saat tampil di tengah-tengah The Forum, Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, Kamis (5/10/2023).

Mobil berwarna hitam tersebut adalah New Almaz RS Pro. Sementara, mobil putih di sebelahnya adalah New Almaz RS Pro Hybrid.

Tepat pada hari itu, Wuling Motors (Wuling) meluncurkan kedua seri SUV inovatif tersebut di pasar Indonesia. Wuling juga melakukan serah terima secara simbolis kepada sejumlah konsumen New Almaz RS yang telah melakukan pre-book.

Berbeda dari seri sebelumnya, New Almaz RS tampil lebih segar dengan sentuhan baru, baik dari sisi eksterior maupun interior.

Visual bagian depan dikemas dengan lebih modern. Kesan futuristik juga terlihat pada model grill dan bumper baru yang dibalut kelir glossy black.

Vice President Wuling Motors Arif Pramadana mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, tren SUV menunjukkan peningkatan. Segmen kendaraan hybrid juga semakin menarik minat masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan irit bahan bakar dan emisi karbon lebih rendah.

“Hal tersebut mendasari langkah kami untuk terus hadir berinovasi dalam mewujudkan pembaruan pada flagship SUV melalui peluncuran New Almaz RS,” ujar Arif di hadapan awak media.

Secara umum, New Almaz RS hadir dalam dua pilihan dapur pacu. Pertama, pengguna bisa memilih New Almaz RS Pro yang dibekali mesin 1.500 cc turbo dan didukung transmisi continuously variable transmission (CVT).

Kombinasi itu membuat mesin mobil mampu menghasilkan tenaga 140 Tk dan torsi 250 Nm. Dengan demikian, kendaraan memiliki performa mulus (smooth) dan responsif.

Kedua, pengguna bisa memilih New Almaz RS Hybrid Pro yang dibekali kombinasi mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 2.000 cc serta dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai berkapasitas 1,8 kWh.

Sumber tenaga tersebut dikombinasikan melalui dedicated hybrid transmission (DHT) sehingga mobil mampu bekerja secara multimode, baik EV Mode, Series Hybrid, maupun Parallel Hybrid.

Pada EV Mode, roda digerakkan secara penuh oleh motor listrik yang mengambil energi dari baterai. Sementara, pada mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik. Akan tetapi, mesin bensin tetap menyala untuk mengisi daya listrik baterai via generator motor.

Kemudian, pada mode Parallel Hybrid, mesin bensin dan motor listrik beroperasi secara bersamaan untuk menghasilkan performa maksimal.

Adapun sistem pada New Almaz RS Hybrid Pro bekerja secara otomatis dengan menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan. Dengan demikian, sistem ini dapat mengakomodasi performa sesuai kebutuhan pengguna.

New Almaz RS Pro Black dan New Almaz RS Pro Hybrid WhiteKOMPAS.com/Aningtias Jatmika New Almaz RS Pro Black dan New Almaz RS Pro Hybrid White

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, dengan tagline “Drive Unlimited Way”, New Almaz RS menjadi wujud semangat Wuling untuk terus berinovasi tanpa batas dalam mobilitas modern.

“Sejak 2019, Wuling Almaz RS telah menjadi trendsetter untuk mendukung pengendara terus bergerak maju,” ucap Dian.

Baca juga: Alasan Wuling Almaz RS Terbaru Dijual Lebih Murah dari Model Lama

Kehadiran dua tipe kendaraan pada New Almaz RS, lanjut dia, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seluruh konsumen.

New Almaz RS Hybrid Pro, misalnya, dinilai cocok bagi pengendara yang menginginkan pengalaman berkendara senyap dan akselerasi responsif. Seri hybrid ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk berkendara lebih ramah lingkungan.

“Sementara, pengendara yang menyukai mesin bertenaga dan gemar dengan kecepatan, New Almaz RS Pro dengan mesin turbo bisa menjadi pilihan tepat,” kata Dian.

Inovasi game changer

Arif menjelaskan, sebagai The First Intelligent Digital Car, New Almaz RS hadir dengan deretan inovasi yang menjadi game changer dari Wuling. Salah satu inovasi unggulan tersebut adalah fitur Wuling Indonesian Command (WIND).

“WIND merupakan perintah suara canggih pertama di Tanah Air yang menggunakan bahasa Indonesia. Perintah suara ini dapat mengoperasikan berbagai fitur di mobil, seperti mendengarkan musik, mendinginkan ruang, atau membuka sunroof,” tutur Arif.

Ada pula inovasi Wuling Remote Control App yang memudahkan pengguna untuk memantau kondisi mobil serta mengoperasikan berbagai fitur melalui smartphone dan head unit.

Lewat aplikasi MyWuling+, pengguna dapat mengoperasikan beberapa fitur, seperti menghidupkan dan mematikan kendaraan, membuka dan menutup jendela, serta mengunci dan membuka kunci pintu mobil dari jarak jauh.

“Inovasi itu memudahkan pengguna, baik selama menyiapkan perjalanan maupun selama berkendara. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses navigasi, musik, serta mengirim dan menerima pesan secara daring pada head unit yang terhubung dengan internet,” kata Arif.

Ruang kabin New Almaz RS ProKOMPAS.com/Aningtias Jatmika Ruang kabin New Almaz RS Pro

Selain itu, New Almaz RS juga memiliki Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang memanfaatkan sensor kamera canggih yang terbagi menjadi empat kategori.

Pertama, kategori Adaptive Cruise yang meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) with Lane-keeping Function, dan Intelligent Cruise Assistance (ICA) with Lane-keeping Function.

Kedua, kategori Safe Distance and Braking Assistance yang meliputi Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation System (CMS), Automatic Emergency Braking (AEB), dan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA).

Ketiga, kategori Lane Recognition yang mengusung fitur Lane Departure Warning untuk membantu pengguna berkendara secara aman pada jalurnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Wuling Almaz RS Hybrid

Keempat, kategori Automatic light yang mampu menyesuaikan ketinggian pancaran cahaya lampu utama secara otomatis.

Sementara, untuk menunjang keselamatan berkendara, New Almaz RS hadir dengan fitur lengkap, mulai dari 360° Around View Camera with Dynamic Trajectory, Electric Parking Brake (EPB) dengan Auto Vehicle Hold (AVH), 4 SRS Airbags, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Control (ESC), serta Traction Control System (TCS).

“Terdapat pula fitur penunjang keselamatan berupa sistem pengereman ABS, EBD, BA, rem cakram pada bagian depan dan belakang, serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk memantau kondisi ban secara real-time,” jelas Arif.

Interior elegan

Tak hanya mengedepankan performa, Wuling juga memperhatikan aspek kenyamanan berkendara pada New Almaz RS. Hal itu tecermin pada bagian interior kendaraan.

Arif menjelaskan, ruang kabin mobil tersebut mengusung desain New Classy Carbon Black Interior Style dengan konfigurasi 7 bangku penumpang yang dibalut kulit sintetis elegan.

“New Almaz RS pun semakin nyaman dikendarai dengan tilt and telescopic steering wheel yang memungkinkan pengemudi mengatur posisi setir sesuai keinginan,” ujar Arif.

Kesan futuristik semakin menonjol berkat New Sophisticated Multicolor Ambient Light di beberapa bagian ruang kabin.

Tampilan elegan itu pula yang berhasil menarik hati model, penyanyi, dan influencer Tamara Dai. Perempuan yang gemar membuat konten mengenai fesyen di media sosial itu telah menggunakan Almaz RS seri sebelumnya sejak 2021.

Baca juga: Populasi Tembus 11.000 Unit, Ini Model Terlaris Wuling Air EV

Bagi Tamara, Almaz RS merupakan kendaraan dengan tampilan yang sesuai dengan cerminan pribadinya.

“Almaz RS tampil edgy, fashionable, dan futuristik. Apalagi, mobil ini hadir dengan warna monokrom favoritku,” kata Tamara yang juga hadir pada acara tersebut.

Tamara Dai itu telah menggunakan Almaz RS seri sebelumnya sejak 2021KOMPAS.com/Aningtias Jatmika Tamara Dai itu telah menggunakan Almaz RS seri sebelumnya sejak 2021

Selain interior, seluruh aspek kendaraan juga menjadi pertimbangan Tamara dalam memilih kendaraan.

Oleh sebab itu, dia memilih Almaz RS yang memiliki mesin bandel. Ia bahkan pernah melakukan road trip Jakarta-Bali menggunakan Almaz RS.

“Untuk perjalanan jauh, mesin mobil enggak rewel. Bandel banget untuk melewati segala medan, termasuk tanjakan. Suspensi juga nyaman. Begitu pula saat aku duduk di kursi penumpang pada baris kedua dan ketiga,” cerita Tamara.

Selama perjalanan tersebut, Tamara memanfaatkan fitur ADAS yang juga tersedia pada seri Almaz RS. Fitur ini, kata dia, sangat membantu pengendara saat melakukan perjalanan jarak jauh.

“Pengendara jadi enggak gampang capek. Fitur ini juga akan membantu mobil beroperasi secara optimal,” imbuh Tamara.

Berdasarkan pengalaman pada seri terdahulunya, Tamara pun tertarik untuk meng-upgrade kendaraan tersebut dengan New Almaz RS, khususnya New Almaz RS Hybrid Pro.

Sebagai informasi, New Almaz RS dipasarkan dengan harga khusus peluncuran yakni Rp 398.000.000 untuk Almaz RS Pro dan Rp 438.000.000 untuk Almaz RS Pro Hybrid. Kedua seri ini hadir dengan pilihan warna hitam, putih, abu-abu, silver, dan merah.

Informasi selengkapnya mengenai New Almaz RS bisa Anda temukan pada tautan berikut.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com