Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Berkendara Motor Melintasi Lautan Pasir Bromo

Kompas.com - 05/10/2023, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertualang menggunakan motor memang banyak diminati belakangan ini. Buat yang baru mau mencoba perlu mengetahui trik-trik dasar saat berkendara, terlebih jika rute yang dilalui cukup menantang seperti melewati rintangan pasir.

Jangan sampai seperti video yang diunggah oleh akun TikTok bernama Sak Karepmu. Dalam tayangan itu, terlihat pengendara motor matik bongsor yang kesulitan melewati lautan pasir di Bromo. Pengendara motor itu berusaha untuk terus menarik tuas gas, namun motor yang ditumpanginya justru mengalami selip.

Pada cuplikan selanjutnya, terlihat pengendara motor offroad juga tampak alami kesulitan saat melintas di lautan pasir Bromo.

Baca juga: Marc Marquez Tinggalkan Honda, Bergabung ke Gresini Racing

Namun, menariknya pedagang bakso yang menggunakan motor sport naked lengkap dengan gerobak di bagian belakangnya tampak dengan mudah melewati rintangan pasir. Begitu pun dengan pengendara motor yang berboncengan menggunakan motor Honda Supra yang bisa melewati lautan pasir tanpa hambatan.

Terkait hal ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ketika melewati jalur dengan kontur pasir pengemudi motor sebaiknya memahami rute yang akan dilewati terlebih dahulu.

@deviashriya

Tampilan dan harga ga bisa jamin kualitas tanpa batas ????

? suara asli - deviashriya - Sak Karepmu????

“Artinya kita harus mengikuti jalan yang memang sudah sering dilewati oleh kendaraan lain, karena jalur tersebut sudah padat sehingga ban motor bisa lebih mudah berjalan dibandingkan kita mencoba untuk berjalan dengan rute yang lain,” ucap Agus, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

Menurut Agus, melewati jalan pasir sama halnya seperti berkendara di area offroad. Di mana pengemudi sebaiknya melewati jalur yang sudah terbentuk.

Baca juga: Marc Marquez Resmi Cerai dengan Repsol Honda

“Ketika melewati rute yang lain yang menurut kita aman, mungkin rute tersebut belum cukup padat untuk beban kendaraan kita sehingga cukup sulit untuk dilalui,” kata Agus.

Agus melanjutkan, setiap jenis sepeda motor baik itu matik maupun sport naked atau offroad sebetulnya bisa saja melewati jalan pasir dengan mulus. Hanya saja semua tergantung dari kemampuan pengemudi saat berkendara.

“(Motor matik, offroad atau sport naked) tetap bisa, hanya tinggal bagaimana skill berkendara dan kebiasaan melewati jalan tersebut,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com