Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP, Dibersihkan hingga Cat Ulang

Kompas.com - 04/10/2023, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika akan berlangsung kurang dari dua minggu lagi. Berbagai persiapan tengah dilakukan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menjelaskan, menuju balapan, ada dua persiapan yang dilakukan, race (dari paddock sampai sirkuit) dan non race (dari paddock ke luar pagar).

"Race ini meliputi permukaan balap, pit lane, dan paddock garage. Permukaan balap sudah kami cat, hari ini masih dalam proses pencucian, kita semprot, sikat, sedot, dan disiram air supaya debu dan kerikil hilang, mudah-mudahan besok selesai," kata Priandhi di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Baca juga: Tinggal Dua Minggu, MotoGP Mandalika Siap Digelar

Sirkuit MandalikaKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Sirkuit Mandalika

Priandhi mengatakan, saat disikat tadi tentu ada lapisan cat lama yang terkelupas, makanya dicat lagi permukaannya. Kerb juga sudah pudar, dicat kembali dengan warna merah dan putih.

"Dulu di sisi merah putih (kerb) ini kan hijau, tapi peraturan FIM yang baru, hijau itu hanya track limit, jadi boleh pakai warna saja selain hijau, kita cat semua jadi merah," kata Priandhi.

Ada juga posisi track limit yang berubah, misal di tikungan sembilan, dipindah ke tempat lain karena tidak ada pebalap yang memotong di sana. Jadi track limit pada lokasi itu dihilangkan, pindah ke tikungan yang lain.

Baca juga: Harga Kompresor AC Mobil Avanza dan Xpander, Baru dan Seken

"Ternyata di tikungan 13-14-15 ada yang potong itu jadi trek limit yang baru," kata Priandhi.

Sedangkan untuk pitlane, tinggal cuci dan cat marka batas pit dan paddock. Soal paddock garage, sudah dibersihkan sesuai keinginan mereka dan tinggal menyiapkan areanya saja.

"Areanya masih 25 persen, karena menunggu kedatangan tenda, kulkas, tv. Dorna minta masing-masing ruangan beda (setiap tim), jadi itu kita tagih kembali ke mereka, baru kita pasang," kata Priandhi.

Lalu, ada permintaan juga dibuat satu tenda besar untuk relaxing zone, seperti ada tempat pijat, musik, aroma terapi, dan sebagainya. Priandhi yakin semuanya bisa rampung minggu ini.

"Yang masih banyak lagi itu yang non race, itu pintu masuk ada tenda security, tenda medical, marshal. lalu area side event lebih ramai lagi, panggung musik, dan sebagainya, tapi sudah ada, tinggal membangun jaringan listrik yang paling repot," kata Priandhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com