Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Jepang 2023: Balapan Disetop, Martin Juara, Marquez Podium

Kompas.com - 01/10/2023, 14:12 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

MOTEGI, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP Jepang 2023 berlangsung dalam kondisi hujan, Minggu (1/10/2023), di Sirkuit Twin Ring Motegi

Race director sempat memutuskan untuk menunda balapan dengan mengibarkan red flag atau bendera merah di tengah balapan. Namun, beberapa saat kemudian race director memutuskan untuk menyudahi jalannya balapan.

Jorge Martin yang sedang berada di depan, dinobatkan menjadi juara. Diikuti Francesco Bagnaia dan Marc Marquez di posisi kedua dan ketiga. Balapan dianggap selesai setelah sudah berjalan lebih dari 50 persen.

Enam lap pertama balapan berlangsung ketat. Sebab sesaat mau mulai balapan kondisi trek sedikit basah akibat gerimis. Padahal sejak sesi latihan pertama (FP1) aspal selalu kering dan cuaca panas.

Para pebalap tetap pakai ban slik karena sudah berada di starting grid namun sudah mempersiapkan motor cadangan di paddock jika hujan tambah deras.

Start dimulai Jorge Martin yang meraih pole position langsung memimpin balapan namun masih di sektor satu bendera kuning dan putih berkibar. Bendera putih artinya pebalap dibolehkan untuk menukar motor dan ban di paddock.

Baca juga: Live MotoGP Jepang: Balapan Hujan, Pebalap Ganti Motor

 

Pada akhir lap pertama para pebalap masuk paddock untuk mengganti motor. Posisi kemudian berubah Michele Pirro.dan Fabio Quartararo di posisi pertama dan kedua karena belum ganti ban.

Adapun Jorge Martin yang sudah ganti ban berada di posisi keenam. Quartararo baru masuk paddock di lap ketiga, dan membuat posisi Martin naik ke posisi keempat, adapun posisi pertama masih Michele Pirro.

Pada lap ketiga Martin melebar, Aleix Espargaro yang sudah berada di belakangnya kini naik ke posisi keempat, kemudian naik lagi ke posisi kedua setelah Franco Morbidelli masuk paddock ganti motor.

Baca juga: Ubah Suhu AC Mobil ke Paling Dingin, Bikin AC Cepat Rusak?


Aleix Espargaro akhirnya memimpin balapan di lap kelima setelah Pirro masuk paddok, kemudian dibuntuti Marc Marquez di poisisi kedua dan Francesco Bagnaia di posisi ketiga.

Tak lama Marquez disusul oleh Bagnaia. Marquez berjuang untuk mempertahankan kecepatan di Sirkuit Motegi yang terkenal sebagai sirkuitnya Honda. Namun di lap keenam kemudian disalip oleh Jorge Martin.

Pada lap keenam Aleix berada di posisi pertama, diikuti Bagnaia di posisi kedua, Jorge Martin di posisi ketiga dan Marco Bezzecchi di posisi keempat yang menggusur Marquez ke posisi kelima.

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem, Mika Lampu Mobil Bisa Retak

 

Jorge Martin yang sedang di puncak performanya kemudian menyalip Bagnaia dan Aleix Espargaro sehingga memimpin balap. Adapun di lap kedelapan Aleix berada di posisi kelima setelah disalip Bezzecchi.

Di lap kedelapan, Martin memimpin balapan dibuntuti Bagnaia di posisi kedua. Marco Bezzecchi berada di tempat ketiga dan posisi keempat ditempati pebalap satelit Aptilia Miguel Oliveira.

Perlahan tapi pasti Martin mulai memperlebar jarak dengan Bagnaia. Di lap kesembilan gap waktu Martin dengan Bagnaia nyaris 1 detik.

Baca juga: Daftar 24 Tempat Parkir Tarif Disinsentif, Berlaku Hari Ini di Jakarta

Marc Maquez twitter.com/HRC_MotoGP Marc Maquez

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com