Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kompresor AC Mobil Avanza dan Xpander, Baru dan Seken

Kompas.com - 03/10/2023, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kerja AC mobil mirip seperti AC rumah. Salah satu komponen yang krusial di AC mobil ialah kompresor yang memompa freon agar bersirkulasi ke semua komponen AC mobil.

Tak hanya untuk sirkulasi, kompresor juga berfungsi memampatkan freon. Saat kompresor rusak, maka freon tidak tersalurkan dengan baik. Refrigerant akan bocor dan jika dibiarkan freon akan cepat habis.

Baca juga: Catat, Motor Tanpa Pelat Nomor Kendaraan Bisa Disita Polisi

Jika sudah rusak maka salah satu cara paling mudah ialah ganti dengan yang baru. Namun khusus buat kompresor jarang ada barang imitasi alias KW, sedangkan harga "pompa freon" ini tidak murah.

Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnyaKompas.com/Erwin Setiawan Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnya

Agus pemilik AGS AC Mobil, di sentra otomotif Pasar Palmerah, Jakarta, mengatakan, jarang ada kompresor KW dan orang yang mencari kompresor KW. Orang lebih banyak mencari baru atau seken alias bekas copotan mobil lain.

"Kompresor lebih banyak mencari original atau seken. Saya juga hampir tidak menemukan ada yang KW, ori atau seken. Kalau lebih banyak (pilih) yang mana ya tergantung kantung," kata Agus kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Agus mengatakan, harga kompresor seken pun bervariasi tergantung kondisi dan kelengkapan. Kompresor yang tinggal pasang harganya sedikit lebih mahal ketimbang yang tanpa magnet clutch.

Baca juga: Alasan Sopir Bus AKAP Lebih Suka Ada Pintu buat Sopir

Kompresor AC mobilKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kompresor AC mobil

"Toyota Avanza yang baru ori Rp 1,8 juta kalau seken Rp 1,1 juta. Mitsubishi Xpander tidak begitu mahal, originalnya Rp 2 juta sekennya Rp 1,2 juta," ujar Agus.

"Suzuki Ertiga sama seperti Avanza-Veloz, justru Avanza lama yang lebih mahal, barunya yang ori antara Rp 1,9 juta sedangkan sekennya Rp 1,1 juta, itu untuk Avanza tahun 2005-2010," ujar Agus.

Harga yang diberikan Agus, rupanya tidak beda jauh dengan harga kompresor AC baru original yang ada di bengkel resmi Denso.

Toyota

  • Calya dan Sigra 1200 cc: Rp 1,7 juta
  • Avanza 1.300 cc: Rp 1,8 juta
  • Agya 1.000 cc: Rp 1,4 juta
  • Innova lama Rp 3 juta
  • Innova Reborn: Rp 2,6 juta

Daihatsu

  • Xenia 1.300 cc: Rp 1,8 juta
  • Ayla 1.000 cc: Rp 1,4 juta

*Harga belum termasuk PPN 11 persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com