Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Chery Jual Omoda 5 GT AWD untuk Pasar Indonesia

Kompas.com - 30/09/2023, 17:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Vice Presiden PT Chery Sales Indonesia (CSI) Harry Kamora menjelaskan, alasan utama dihadirkannya varian Omoda 5 GT All Wheel Drrive (AWD) ke pasar dalam negeri kerena menimbang kontur atau kondisi jalanan yang ada.

"Sebab secara konsep, AWD itu lebih aman untuk kendaraan jenis SUV. Makanya kita masih coba pantau, kalau bisa diserap maka bisa jadi mobil ini akan menjadi volume maker," katanya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Jumat (29/9/2023).

Keamanan dimaksud, ialah ketika kendaraan harus melintas jalur pegunungan yang curam dan berkelok, maka pengendalian mobil menjadi lebih mudah dan minim terjadi selip.

Baca juga: Dijual Rp 448 Jutaan, Ulas Perbedaan Omoda 5 GT

Chery Omoda 5 GT AWD Diatas Rintangan TanjakanKompas.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 GT AWD Diatas Rintangan Tanjakan

Kemudian traksi yang besar dengan pilihan enam moda berkendara juga menunjang kinerja mobil ketika harus melintasi sejumlah wilayah.

"Jadi kita melihat lah, Indonesia yang jalannya beragam, berbukit, dan tidak mulus, itu mobil bisa lewat. Biasanya kan image-nya AWD itu seperti Jeep, tapi tidak juga," ucap Harry.

"Ketika dipakai di highway juga, mobil penggerak 4 roda aman banget. Begitu menikung tidak akan ngebuang," tambahnya.

"Apalagi dengan harga di bawah Rp 500 juta (Rp 488,8 juta), menurut temen-temen ini akan diserap tidak? lanjut Harry lagi.

Meski begitu dirinya mengakui bahwa Omoda 5 GT AWD tidak memiliki kemampuan untuk menjelajah daerah off road sebagaimana SUV murni seperti Jeep, Fortuner, serta Pajero Sport.

Baca juga: Chery Percaya Diri Omoda 5 GT Bisa Bersaing di Indonesia

Mode Berkendara Off Road di Chery Omoda 5 GT AWDKompas.com/Adityo Wisnu Mode Berkendara Off Road di Chery Omoda 5 GT AWD

"Kalau mau dipakai off road, kita sudah memberikan mode berkendara. Tapi ini mobil crossover, yang punya ground clearance tidak seperti SUV murni," kata dia.

Diketahui, adanya pilihan AWD pada Omoda 5 GT menjadi jawaban bagi konsumen Indonesia yang dikelilingi beragam kontur dan tekstur jalanan yang berbeda-beda.

Sehingga Chery memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menentukan kendaraan yang paling cocok dalam mendukung perjalanan mereka.

Baik pada varian FWD maupun AWD, mesin 1.600 T GDI yang disematkan ke Omoda 5 GT dapat menghasilkan tenaga sebesar 197 HP dan torsi 290 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com