Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang Serat Karbon di Mobil, Harga mulai Rp 1,8 Juta

Kompas.com - 30/09/2023, 14:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Material serat karbon banyak digunakan pada mobil balap, karena dituntut memiliki konstruksi ringan dan kuat. Semakin ringan bobot kendaraan tentu beban mesin juga berkurang, sehingga tenaga yang dikeluarkan bisa semaksimal mungkin.

Kendati demikian, tidak sedikit pemilik mobil yang menggunakan serat karbon dengan tujuan menambah nilai estetika kendaraanya. Biasanya mereka menyematkan serat karbon pada kap mesin atau spoiler.

Salah satu pembuat komposit serat karbon bernama MCI Carbon, menawarkan berbagai part mobil serat karbon dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga: Jangan Lupa Pantau Oli Motor Ketika Cuaca Panas

Modifikasi mobil pakai serat karbonKompas.com/Nanda Modifikasi mobil pakai serat karbon

“Selain untuk kebutuhan balap, beberapa pakai serat karbon juga untuk lifestyle, estetika. Tak hanya menawarkan desain yang estetik, kita juga punya engineering value yang berfungsi secara teknik, jadi mau balap oke, untuk harian juga oke,” ucap Ratna dari MCI Carbon, saat ditemui Kompas.com di pameran modifikasi, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Ratna menambahkan, dalam pembuatan parts serat karbon, MCI menggunakan dua metode, pertama Skinning dan kedua Vacuum Infusion.

“Kalau skrining untuk part-part yang kecil seperti cover spion, handle pintu dan lainnya. Karena kalau menggunakan vacuum infusion itu kan medianya harus yang besar seperti kap mesin. Sebetulnya (media) yang kecil bisa, tapi takutnya tidak rapi,” kata Ratna.

“Selain itu, untuk skrining lapisan resinnya tebal, efek 3D nya juga kelihatan. Kalau vacuum resinnya sangat tipis dan 3D nya tidak terlihat, lebih kuat dan lebih ringan” lanjutnya.

Modifikasi mobil pakai serat karbonKompas.com/Nanda Modifikasi mobil pakai serat karbon

Menyoal harga, biaya yang ditawarkan untuk parts serat karbon ini pun beragam, mulai dari Rp 1,8 juta, sampai puluhan juta. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan custom, biasanya ini digunakan untuk mobil balap di mana bagian depan belakang parts menggunakan komposit karbon.

Baca juga: Modifikasi Mobil Listrik Pakai Suara Knalpot Mobil Bensin

“Proses pembuatannya itu 7-8 hari. Kalau yang skinning mulai dari Rp 1,8, untuk cover spion dan lainnya. Kalau vakum infusion seperti kap mesin mulai Rp 5 juta, tergantung jenis mobilnya,” kata Ratna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com