Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mobil Listrik Pakai Suara Knalpot Mobil Bensin

Kompas.com - 30/09/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perbedaan yang paling signifikan antara mobil listrik dengan mobil konvensional adalah suara yang dihasilkan.

Selain tidak menghasilkan polusi udara, mobil listrik juga tidak menimbulkan polusi suara. Namun, di sisi lain, kondisi tersebut bisa berdampak negatif. Mobil listrik yang senyam dibandingkan kendaraan konvensional bisa memperbesar risiko terjadinya kecelakaan.

Meski begitu tak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada alat yang mampu mereplikasi suara mesin mobil. Salah satunya seperti yang dihadirkan oleh Thor electronic exhaust system.

Baca juga: Chery Omoda 5 GT Meluncur di Indonesia, Dijual Mulai Rp 448 Juta

Pada salah satu pameran modifikasi di Jakarta, Thor melakukan demonstrasi di alat khusus disematkan di bagian belakang mobil Tesla. Hasilnya, mobil listrik asal AS itu bisa menghasilkan suara layaknya mobil konvensional, walaupun tidak memiliki knalpot.

Thor electronic exhaust systemKompas.com/Nanda Thor electronic exhaust system

“Thor ini alat untuk pengguna EV yang ingin punya suara-suara untuk mobilnya. Ini alat yang kita sambungan ke sensor DB-nya, jadi kalau kita gas dan rem, ada suara yang keluar yang disesuaikan dengan berkendara si pengemudi,” ucap Andro Dwi Putranto, Project Manager Thor saat ditemui Kompas.com di Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Adapun untuk proses pemasangan alat tersebut, kata Andro, tergantung merek dan jenis kendaraan. Sebab, setiap mobil listrik memiliki letak dan ukuran baterai yang berbeda.

“Untuk pemasangannya tergantung, ada yang modulnya kita taruh di dasbor, ada yang di bawah juga. Kayak misalnya ini Tesla, karena memang dia full baterai (bagian bawah mobil), jadi kita bisa taru (alatnya) di belakang, modulnya dibongkar sedikit di tengah,” kata Andro.

Andro pun menyarankan bagi pemilik kendaraan yang ingin memasang alat tersebut sebaiknya dilakukan di bengkel yang sudah direkomendasikan oleh Thor.

daftar pilihan suara mobil yang bisa dipilih konsumen Kompas.com/Nanda daftar pilihan suara mobil yang bisa dipilih konsumen

“Kita sarankan pemasangan dari Thor, karena kan memang produk kita bergaransi satu tahun.Jadi biar garansi tersebut bisa digunakan,” kata Andro.

Setidaknya ada lebih dari 20 suara mesin mobil yang bisa dipilih. Mulai dari suara mobil BMW, Mercedes-Benz, Lamborghini hingga Ferrari.

Baca juga: Naik Motor Saat Cuaca Panas, Jangan Pakai Jaket Bahan Ini

Ada dua varian yang bisa dipilih konsumen, pertama dibekali satu speaker yang menghasilkan suara hingga 60 desibel, dan dua speaker yang mampu menghasilkan suara hingga 90 desibel.

“Kalau soal harga, normalnya untuk yang satu speaker Rp 25,6 juta, sedangkan kalau yang double Rp 37 juta,” ucap Andro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com