Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Jaket buat Motoran Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 29/09/2023, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas ekstrem sedang terjadi di berbagai kota di Indonesia. Bahkan ada wilayah yang suhu udaranya sampai 40 derajat.

Panas yang ekstrem ini tentu jadi tantangan bagi pengendara motor. Tentu, sebagai rider tetap harus pakai riding gear yang sesuai, menghindari cedera saat alami kecelakaan.

Artinya, walau cuaca yang panas, jaket dengan lengan yang panjang tetap harus dipakai. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pilih jaket, disesuaikan dengan cuacanya.

Baca juga: Waspada Cuaca Panas Saat Naik Motor, Jangan Salah Pakai Jaket

Memilih riding gear yang tepat untuk berkendara di cuaca yang panas KOMPAS.com/Fathan Memilih riding gear yang tepat untuk berkendara di cuaca yang panas

Danis, Store Manager Casco Motoworld menjelaskan beberapa jenis jaket yang cocok dipakai saat cuaca sedang panas.

"Kalau cuaca kaya begini paling enak yang bahannya mesh, yang rongga-rongga, itu pasti enak, adem," kata Danis kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Bisa juga disiasati dengan hoodie atau wind breaker yang lebih tahan angin. Untuk model mesh, kadang kurang nyaman kalau dipakai riding sampai malam.

Baca juga: Cuaca Panas, AC Mobil CBU Kerja Lebih Berat Dibanding Mobil Buatan Lokal


"Cuma kalau full mesh, angin masuk banget, kurang cocok kalau buat riding malam," kata Danis.

Tapi kalau dilihat di jalanan, banyak rider yang memilih hoodie untuk dipakai riding. Uniknya, sekarang hoodie juga sudah ada yang aman, dilengkapi dengan slot untuk menaruh protektor.

"Sekarang banyak anak motor yang senang pakai hoodie tapi mikirin keamanan. Jadi dari luar casual, tapi ada slot buat pasang protektor," kata Danis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com