Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Mobil Bekas Banyak yang Pakai Jasa Inspektor?

Kompas.com - 26/09/2023, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih mobil bekas berkualitas susah-susah mudah, untuk itu saat ini mulai marak jasa inspeksi kendaraan yang membantu calon konsumen memilih mobil bekas incaran.

Andi, dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran, mengatakan, jasa inspeksi kendaraan seperti ini sudah cukup lama namun dulu bersifat perorangan atau orang yang dikenal si calon pembeli.

Baca juga: Alasan Sopir Truk Pasrah Kasih Jatah untuk Pungli

Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan  test drive alias mencoba langsung. Foto: mobil88 Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan test drive alias mencoba langsung.

Saat ini kata Andi, orang yang memakai jasa inspeksi kendaraan memang meningkat tapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Saat ini konsumen mobil bekas lebih memilih garansi karena dianggap lebih mudah.

"Untuk saat ini belum terlalu banyak yang pakai jasa inspektor, paling kata saya masih 30 persen yang pakai inspektor seperti itu," kata Andi kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

"Tapi kebanyakan konsumen itu saat ini minta garansi, itu yang lebih banyak. Jadi ada pihak ketiga yang memberikan garansi. Garansi mesin dan matik misal 1 tahun, konsumen bayar Rp 1,1 juta buat garansi," katanya.

Baca juga: Anggaran Operasional Sopir Truk Habis karena Pungli

Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88Foto: mobil88 Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88

Andi mengatakan, jasa inspeksi seperti ini memang bersinggungan langsung dengan pedagang mobil bekas dan musuh buat pedagang mobil yang culas.

"Tergantung main mobilnya seperti apa, kalau main jorok pasti tidak suka, tapi kalau main mobil bagus tidak ada masalah," ujar Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com